Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

News Internet Latest News

Cara TikTok Dorong Digitalisasi UMKM Lokal

byChoiru Rizkia - editorChoiru Rizkia Aug 12, 2022

Technologue.id, Jakarta - Platform digital, TikTok, mendorong percepatan digitalisasi UMKM dengan melanjutkan program #MajuBarengTikTok yang diluncurkan bertepatan dengan Hari UMKM Nasional (12/8).

Kampanye ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif guna terus memberdayakan UMKM lokal melalui program edukasi selama hampir satu tahun, yang akan mengasah keterampilan digital dan pemanfaatan ekosistem TikTok, guna membantu UMKM maju dan tumbuh bersama TikTok.

Program #MajuBarengTikTok sejalan dengan salah satu prioritas pemerintah untuk membawa 30 juta pelaku UMKM ke platform lokapasar pada tahun 2023 mendatang.

Baca Juga:
Rayakan HUT RI, TikTok Bikin Acara Keliling Destinasi Super Prioritas

"Program pelatihan selama hampir satu tahun yang disajikan diharapkan dapat membekali para UMKM dengan kemampuan dan keterampilan digital untuk memaksimalkan potensi online dari ekosistem TikTok," ujar Martini M Paham, Direktur Komunikasi Pemasaran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf), Republik Indonesia.

Program #MajuBarengTikTok yang bertujuan agar UMKM dapat memanfaatkan teknologi digital dalam mengembangkan bisnisnya ini, akan berlangsung sepanjang tahun.

Program ini akan dibagi ke dalam berbagai periode, serta tersedia dalam format online dan offline di berbagai kota di Indonesia agar memiliki cakupan nasional.

Topik yang akan dibagikan di program tahun ini meliputi tiga fokus, yaitu TikTok LIVE dan kolaborasi bersama kreator, TikTok Shop untuk mengembangkan performa penjualan, serta TikTok For Business untuk membantu UMKM menjangkau target audiens melalui strategi pemasaran dan cara beriklan tepat guna di TikTok.

Baca Juga:
Intip Sejumlah Program Seru pada Kampanye #SerunyaMembaca di TikTok

Pendaftaran program resmi dibuka pada tanggal 12 Agustus 2022 dan dapat diikuti oleh UMKM di Indonesia secara gratis. Kelas pertama akan dimulai pada bulan September 2022.

"Program #MajuBarengTikTok dirancang untuk membantu pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan sumber daya dari ekosistem TikTok untuk mengembangkan usaha mereka secara optimal, mulai dari TikTok LIVE, TikTok Shop, hingga TikTok For Business," ujar Pandu Nitiseputro, Head of SMB, TikTok Indonesia.

#UMKM #TikTok #HariUMKMNasional ##MajuBarengTikTok

Baca Juga