Technologue.id, Jakarta – Hampir seluruh layanan online mengharuskan pengguna untuk membuat akun dan tentu saja lengkap dengan kata sandinya. Sebut saja media sosial atau platform belanja online.

Namun, tentunya Anda selaku pengguna harus berhati-hati dengan password yang dibuat. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kemampuan peretas untuk membobol password pengguna juga akan semakin lihai. Oleh karena itu, Anda harus mampu membuat password yang aman untuk akun-akun yang dimiliki.

Baca juga:

Cara “Enyahkan” Bixby dari Samsung Galaxy Note 9

Agar mudah diingat, kebanyakan pengguna memakai kata sandi berupa tanggal lahir, kombinasi angka tertentu (1,2,3,4), nama anggota keluarga, nama hewan peliharaan, atau bahkan nama mereka sendiri. Sayangnya, hal ini justru rentan dibobol tangan usil.

- Advertisement -

SplashData, password manager SplashID, awal tahun ini merilis daftar 100 kata sandi yang mereka sebut sebagai password terburuk tahun ini. Dari daftar, ada 22 kata sandi yang memiliki nama yang biasa digunakan. Berikut daftarnya:

Baca juga:

Tips Hemat Kuota Saat Pakai Spotify

1. Martin
2. Charlie
3. William
4. Maggie
5. Robert
6. George
7. Jessica
8. Daniel
9. Jennifer
10. Michelle
11. Jordon
12. Harley
13. Matthew
14. Andrew
15. Andrea
16. Joshua
17. Maverick
18. Nicole
19. Merlin
20. Chelsea
21. Amanda
22. Ashley

Baca juga:

Begini Cara Aktifkan Fall Detection, Fitur Kece di Apple Watch Series 4

Walaupun mungkin pemilik nama-nama itu tak mayoritas jumlahnya di Indonesia, tetapi inilah momentum yang tepat bagi kita semua untuk mempertimbangkan penggunaan kata sandi yang kompleks.

Adakah salah satunya nama Anda yang digunakan untuk kata sandi akun pribadi? Lebih baik, segera ubah agar tidak menjadi sasaran empuk peretas dunia maya.