Technologue.id, Jakarta – Seperti biasa, Tim Cook selaku CEO Apple membuka perayaan developer tahunan mereka, WWDC 2018. Di samping tugasnya untuk memberi sambutan dan pendahuluan singkat terkait inovasi-inovasi Apple, ada hal menarik yang Cook ungkap di panggung itu.

Baca juga:

Apple Akan Manfaatkan Data Penggunanya Demi Cari Untung

Suksesor Steve Jobs tersebut mengakui kalau ia memiliki masalah berupa kecanduan menggunakan iPhone. “Saya pikir saya cukup disiplin dalam menggunakan gadget, tetapi saya salah,” katanya.

“Saat saya mulai menerima datanya, saya tahu saya menghabiskan gadget terlalu lama daripada yang seharusnya.”

- Advertisement -

Baca juga:

Langgar Paten, Samsung Harus Bayar Denda Rp7,6 Triliun ke Apple

Untungnya, ia dan Anda para calon pengguna iOS 12 bisa memanfaatkan fitur baru di sistem operasi tersebut bernama Screen Time. Fitur ini secara garis besar bertujuan untuk menyeimbangkan kehidupan gadget, utamanya bagi mereka yang merasa kecanduan. Screen Time pun bisa memperingatkan Anda apabila Anda sudah menggunakan suatu aplikasi melebihi batas wajar.

CEO Apple Pun Akui Kecanduan Gadget
Contoh data dari Screen Time di iOS 12 (source: Apple)

Lebih lanjut, Screen Time dapat memberikan detail lama penggunaan hingga aplikasi apa yang paling sering digunakan secara spesifik. Praktis, orang tua yang ingin mengajak anaknya untuk diet gadget dapat turut bergantung pada fitur ini.

Baca juga:

Ini Fitur-fitur Paling Menarik di iOS 12

Seperti Google lewat fitur serupa di Android P-nya, Screen Tiime adalah inisiatif Apple untuk menjawab alarm peringatan yang dibunyikan oleh mereka yang peduli dengan kecanduan gadget. Bisa jadi, ini juga alasannya iOS 12 tak cuma kompatibel untuk iPhone dan iPad terbaru, tetapi juga beberapa model lawas.

Namun, Cook enggan menyebut secara detail aplikasi apa yang paling sering membuatnya susah beranjak dari iPhone-nya. “Saya tak ingin membeberkan semua [aplikasi yang saya pakai], tapi yang jelas saya menggunakannya terlalu banyak,” jelasnya, seperti redaksi kutip dari BusinessInsider.com (05/06/2018).