Technologue.id, Jakarta – Di samping tanggung jawabnya yang besar terhadap perusahaan, menjadi CEO Apple juga memiliki benefit yang besar. Tim Cook telah dan sepertinya masih akan terus merasakannya.

Tak lama lagi, pria berkacamata itu bakal diganjar bayaran besar, yakni berupa 560 ribu saham Apple dengan nilai US$120 juta (sekitar Rp1,76 triliun). Jika hal tersebut teralisasi, maka Cook akan mendapatkan bayaran termaksimal sebanyak lima kali beruntun.

Baca juga:

iPhone Bakal Jadi Pengganti KTP?

Apa sebab Tim Cook berhak menerima benefit ini?

Melansir BusinessInsider.com (22/08/2018), tahun 2013, dua tahun Cook naik menjadi CEO menggantikan Steve Jobs, Apple memperbarui kebijakan kompensasinya dengan memberikan saham dalam jumlah besar. Syaratnya, dalam tiga tahun periode, perusahaan berlogo apel tergigit itu dapat mengungguli dua per tiga nama di S&P 500, indeks yang melacak 500 perusahaan publik terbesar di Amerika Serikat dan dunia.

Baca juga:

CEO Apple Pun Akui Kecanduan Gadget

Setahun terakhir, Apple telah mengalahkan 81 persen saham di indeks S&P 500. Apple juga berhasil menjadi perusahaan pertama dengan valuasi US$1 triliun bulan ini. Performa inilah yang membuat Cook bisa menikmati uang yang melimpah.

Cook sendiri memiliki 878.425 lembar saham Apple dengan nilai lebih dari US$188 juta (Rp2,75 triliun). Saham yang diinvestasikan Cook di Apple inilah yang menyokong nominal kekayaannya yang diperkirakan sebesar US$625 juta (Rp9 triliunan).

Baca juga:

Perang Paten Samsung VS Apple Usai, Apa yang Menarik Diketahui?

Akan tetapi, pria 57 tahun itu tak bakal menikmati seluruh uang tersebut sendirian. Tahun 2015 lalu, ia telah berkomitmen untuk memberikan porsi besar dari kekayaannya untuk amal. Bulan ini saja, ia sudah mendonasikan hampir US$5 juta (Rp73 miliaran) sahamnya di Apple.