Technologue.id, Jakarta – China baru-baru ini meresmikan teleskop raksasanya, Five-hundred meter Aperture Spherical Telescope (FAST). Terletak di Guizhou, China, teleskop yang sekarang beroperasi penuh ini telah menoreh rekor sebagai teleskop radio piringan tunggal terbesar di dunia.

Dilansir dari Popular Mechanic (22/1/2020) teleskop FAST ini terbentang hampir setengah kilometer dan terdiri dari 400 panel aluminium yang dimiringkan dan diputar oleh sekitar 2.000 derek mekanik. Teleskop ini juga memiliki sensitivitas 2,5 kali lebih sensitif dibanding teleskop radio yang saat ini beroperasi.

Baca Juga:
Kena Sanksi, Google Sediakan Mesin Pencari Selain Google Search

Tingkat sensitif tersebut menjadikan teleskop ini sebagai teleskop radio paling sensitif di dunia. FAST diklaim mampu menyelidiki sudut terdalam dan terdelam di alam semesta. Kemampuan ini diharapkan dapat mengumpulkan berbagai informasi baru untuk menjawab misteri alam semesta.

FAST adalah bagian dari program terobosan inisiatif kerja sama antara Amerika Serikat, Australia, dan Cina, dengan tujuan untuk mencari tanda-tanda peradaban asing di alam semesta. FAST telah menjalankan tes akhir selama tiga tahun dan telah menemukan 102 pulsar baru.

Baca Juga:
Keren, Ini Lensa Kontak Berbasis Augmented Reality

Selain itu, FAST juga menemukan sejumlah ledakan yang cepat melalui gelombang radiasi yang dipancarkan dari sudut-sudut yang jauh dari alam semesta. Para peneliti mengharapkan, teleskop ini akan mampu menunjukkan tanda-tanda kehidupan di tempat lain di alam semesta.