China Sukses Nyalakan Matahari Buatan

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarata – China kembali memperlihatkan taringnya. Setelah sukses meluncurkan roket untuk menggali material bulan, sekarang Negeri Tirai Bambu ini sukses menyalakan “matahari buatan”.

Matahari buatan ini adalah reaktor fusi nuklir bernama HL-2M Tokamak yang merupakan perangkat penelitian terbesar dan tercanggih di China, di mana perangkat ini diharapkan mampu membuka sumber energi bersih yang kuat.

Baca Juga:

China Lakukan Misi Pengambilan Material Bulan


China menggunakan medan magnet yang kuat ke lingkaran plasma panas yang terkandung dalam reaktor fusi nuklir ini. Membuatnya mampu mencapai suhu lebih dari 150 juta derajat celsius.

Dikatakan bahwa panas yang dihasilkan mencapai 10 kali lebih panas dari dari inti matahari yang suhunya sekitar 15 juta derajat celsius, dilansir dari Global News pada Selasa (8/12/2020).

Baca Juga:

Gokil, China Bersiap Hadirkan 6G


Matahari buatan ini direncanakan akan digunakan untuk membantu penelitian Reaktor Eksperimental Termonuklir Internasional (ITER). Ini merupakan proyek penelitian fusi nuklir terbesar di dunia yang diharapkan selesai pada tahun 2025.

Dengan dibantu matahari buatan ini, proyek ITER yang memakan biaya sangat mahal, yakni sebesar US$ 22,5 miliar. Diharapkan dapat berjalan dengan biaya yang jauh lebih murah.

- Advertisement -

Latest News

5 Aplikasi Video Call untuk Silaturahmi Lebaran

Technologue.id, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri tak lengkap rasanya kalau tidak bersilaturahmi dengan teman dan keluarga. Tapi, karena pandemi Covid-19 belum...

Facebook dan Instagram Dituding Hapus Konten Serangan Israel ke Palestina

Technologue.id, Jakarta - Raksasa media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dituding telah menyensor, serta menghapus postingan dan tagar terkait ketegangan baru-baru...

128 Juta iPhone Terinfeksi Malware

Technologue.id, Jakarta - Apple baru-baru ini mengungkapkan bahwa ada upaya penyerangan malware ke ratusan juta pengguna iOS. Sebanyak 128 juta pengguna iOS...

#SavePalestine Bergema Imbas Serangan Israel ke Masjid Al-Aqsa

Technologue.id, Jakarta - Warganet dari seluruh dunia mengecam serangan udara mematikan Israel di jalur Gaza dengan mencuitkan tagar #SavePalestine.

Resident Evil: Village Raup 100.000 Gamer dalam 2 Hari

Technologue.id, Jakarta - Resident Evil: Village berhasil memecahkan rekor baru di Steam. Game besutan Capcom tersebut telah meraih pemain aktif hingga lebih...

Related Stories