Technologue.id, Jakarta – Aplikasi maupun plugin pemblokir iklan saat ini kerap dipasang oleh pengguna untuk memberantas berbagai iklan yang mengganggu dan tiba-tiba muncul begitu saja. Namun di sisi lain, hal tersebut bisa berdampak buruk bagi pihak penerbit iklan.

NextPowerUp (11/07/17) mengabarkan bahwa sejumlah website torrent kemungkinan akan mengalami pengurangan pendapatan yang cukup signifikan jika nantinya Google sudah memasang plugin ad-blocker secara native pada browsernya, Chrome.

Walaupun website-website torrent tersebut sebenarnya tak cuma diakses melalui Chrome, browser tersebut terbilang cukup krusial lantaran pangsa pasarnya yang jauh lebih besar ketimbang browser lainnya.

Sebelumnya, Google sendiri sudah sempat mengumumkan secara resmi bahwa mereka akan menyertakan fitur pemblokir iklan pada Chome sekitar awal tahun 2018 mendatang.

Tak cuma Chrome, sebelumnya Opera justru sudah mengambil langkah tersebut terlebih dahulu. Bisa jadi, nantinya browser lainnya pun akan memiliki fitur serupa. Dan kalau sudah begini, bukan tidak mungkin website-website torrent akan mengalami masalah finansial yang cukup serius.

 

Baca juga:

Google Kembangkan Desain Baru untuk Chrome OS

Google Chrome Kini sudah Mendukung Android O

Google Tambahkan Fitur Baru untuk Chrome Saat Offline