Co-founder Adobe Charles Geschke Meninggal Dunia

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Salah satu pendiri perusahaan perangkat lunak utama Adobe Inc, Charles “Chuch” Geschke, meninggal dunia pada usia 81 tahun. Perusahaan mengungkapkan Geschke, yang tinggal di pinggiran San Francisco Bay Area di Los Altos meninggal pada Jumat (16/4).

Adobe memiliki pengaruh besar di dunia teknologi dan Geschke juga mengembangkan beberapa produk terpentingnya, termasuk Photoshop.

“Ini adalah kerugian besar bagi seluruh komunitas Adobe dan industri teknologi, yang telah menjadi pemandu dan pahlawannya selama beberapa dekade,” tulis CEO Adobe Shantanu Narayen dalam email kepada karyawan perusahaan, dilansir dari Japan Today, Senin (19/4).

Baca Juga:
Lou Ottens, Penemu Kaset Analog Tutup Usia

Narayen mengatakan sebagai salah satu pendiri Adobe, Geschke dan John Warnock mengembangkan perangkat lunak inovatif yang telah merevolusi cara orang membuat dan berkomunikasi.

Selain PostScript, Geschke dan Warnock juga dikenal karena mengembangkan Portable Document Format, atau PDF. Platform itu menjadi terobosan ketika diperkenalkan pada tahun 1993, dan telah menjadi sangat penting untuk segala hal mulai dari penerbitan hingga tugas sehari-hari seperti formulir yang ditandatangani.

“Produk pertama mereka adalah Adobe PostScript, teknologi inovatif yang menyediakan cara baru yang radikal untuk mencetak teks dan gambar di atas kertas dan memicu revolusi penerbitan desktop. Chuck menanamkan dorongan tanpa henti untuk inovasi di perusahaan, menghasilkan beberapa penemuan perangkat lunak yang paling transformatif, termasuk PDF, Acrobat, Illustrator, Premier Pro dan Photoshop yang ada di mana-mana,” ujarnya.

Geschke meninggalkan seorang istri, tiga anak, dan tujuh cucunya.

Baca Juga:
Bapak WiFi Dunia Norman Abramson Tutup Usia

Dia selalu menyebut dirinya orang paling beruntung di dunia. Setelah mendapatkan gelar doktor dari Universitas Carnegie Mellon, Geschke mulai bekerja di Pusat Penelitian Xerox Palo Alto, di mana dia bertemu Warnock. Orang-orang itu meninggalkan perusahaan pada 1982 untuk mendirikan Adobe, mengembangkan perangkat lunak bersama.

Pada 2009, mantan presiden AS Barack Obama menganugerahi Geschke dan Warnock National Medal of Technology. Hal ini berkat keahliannya dalam menggagas Tech Museum of Innovation (sekarang disebut Tech Interactive).

- Advertisement -

Latest News

Related Stories