Lou Ottens, Penemu Kaset Analog Tutup Usia

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Lou Ottens, insinyur Belanda yang berjasa menciptakan kaset audio meninggal dunia pada usia 94 tahun. Surat kabar Belanda NRC Handelsblad pertama kali melaporkan bahwa Ottens meninggal pada 6 Maret di Duizel, Belanda. Namun penyebab kematian tidak diinformasikan.

Jasa Ottens di dunia kaset analog mengubah cara orang mendengarkan musik. Ottens menjadi Kepala Departemen Pengembangan produk Philips pada 1960, di mana Ia bertugas mengubah perekam pita gulungan-ke-gulungan besar pada zaman itu menjadi sesuatu yang lebih portabel dan consumer-friendly. Tujuan Ottens adalah membuat pita kaset yang bisa muat di dalam saku jaket.

Baca Juga:
Bapak WiFi Dunia Norman Abramson Tutup Usia

Pada 1963, pita kaset dipresentasikan di pameran elektronik Radio Berlin dan segera menjadi sukses di seluruh dunia. Ottens membuat kesepakatan dengan Philips dan Sony yang membuat modelnya dikonfirmasi sebagai kaset yang dipatenkan.

Diperkirakan 100 miliar kaset telah terjual di seluruh dunia sejak diperkenalkan pada 1960-an.

“Kaset itu diciptakan karena kesal tentang alat perekam yang ada, sesederhana itu,” kata Ottens tentang penemuannya, NRC Handelsblad melaporkan. Ottens juga berbicara tentang penemuan ini dalam film dokumenter 2011 Cassette: A Documentary Mixtape. “Saya berharap ini akan sukses, bukan revolusi,” katanya dalam film tersebut.

Meskipun kaset dan piringan hitam mengukuhkan diri sebagai format dominan untuk musik rekaman, Ottens yang kemudian menjabat sebagai Direktur Audio Philips, menugaskan tim untuk mengembangkan teknologi cakram padat untuk pasar konsumen. Setelah teknologinya dengan cepat direplikasi oleh pesaing, Ottens kembali menjalin kemitraan antara Philips dan Sony untuk menjadikan model mereka sebagai standar dunia.

Baca Juga:
Paman Boboho Meninggal, Jagat Twitter Diselimuti Duka

Bukan hanya pita kaset, Ottens juga terlibat dalam pengembangan compact disk. Lebih dari 200 miliar di antaranya telah terjual di seluruh dunia hingga saat ini.

“Pada tahun 1978, jauh sebelum kaset mencapai puncaknya di akhir tahun 80-an, Lou sudah menjadi ujung tombak pengembangan CD,” tutur Zack Taylor, sutradara Cassette: A Documentary Mixtape. “‘Saat waktumu habis, inilah waktunya untuk menghilang,’ dia memberitahuku. “Jika ada produk yang lebih baik dari kaset, lanjutkan saja. Saya tidak percaya pada keabadian.'”

Sementara penjualan kaset menyusut dan hampir punah di era cakram padat dan MP3 dan teknologi digital, format tersebut telah menikmati kebangkitan dalam beberapa tahun terakhir. Namun, Ottens menyebut kebangkitan kaset “tidak masuk akal”, menambahkan bahwa tidak ada yang bisa menandingi suara dari CD.

Pada 1982, ketika Philips memamerkan pemutar CD produksi, Ottens berkata: “mulai sekarang, pemutar rekaman konvensional sudah usang”. Dia pun pensiun empat tahun kemudian.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories