Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Contek Meta, Google Kembangkan Chatbot AI Selebriti
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Google dilaporkan sedang membangun chatbot baru yang didukung AI berdasarkan selebriti dan influencer YouTube. Chatbot selebriti Google akan ditenagai oleh keluarga large language model (LLM) Gemini milik perusahaan, menurut kabar dari The Information.

Sebenarnya, ide tersebut tidak inovatif. Pasalnya startup seperti Character.ai dan raksasa media sosial Meta telah meluncurkan produk serupa beberapa waktu lalu.

Baca Juga:
Volkswagen Punya Teknologi ChatGPT, Pengemudi Bisa Ngobrol dengan Mobil

Untuk mengembangkan konsep itu, Google menjalin kemitraan dengan influencer serta selebritas, dan juga sedang mengerjakan fitur yang memungkinkan orang membuat chatbot mereka sendiri hanya dengan mendeskripsikan kepribadian dan penampilan mereka. Lagi-lagi, hal tersebut sudah pernah digarap oleh Character.ai. Fakta menariknya, Noam Shazeer, salah satu pendiri Character.ai, adalah mantan engineer Google dan salah satu pencipta “transformator”, teknologi dasar yang memungkinkan AI generatif saat ini.

Belum diketahui selebritas atau influencer mana yang mungkin akan bermitra dengan Google. Chatbot Meta, misalnya, didasarkan pada tokoh-tokoh seperti bintang TikTok Charli D'Amelio, fenomena YouTube Mr. Beast, Snoop Dogg, Tom Brady, dan Paris Hilton, sedangkan karakter Character.ai mencakup politisi, filsuf, karakter fiksi, dan bahkan benda seperti balok keju yang dapat berbicara. Proyek Google dilaporkan dipimpin oleh seorang eksekutif lama bernama Ryan Germick yang bekerja di Google Doodles, dan tim ini beranggotakan sepuluh orang.

Baca Juga:
ChatGPT Down, Ratusan Ribu Pengguna Beralih ke Gemini

Sepertinya bot Google mungkin hanya sebuah eksperimen — menurut laporan tersebut, dimana mungkin hanya muncul di Google Labs, situs web perusahaan untuk produk eksperimental. Project ini tidak tersedia secara lebih luas.

Sebagai perbandingan, Chatbot AI Meta berbasis selebriti dianggap kurang populer meskipun perusahaan memasukkannya ke dalam setiap produk yang dibuatnya. Seperti yang ditunjukkan oleh The Information, chatbot Meta yang menampilkan Snoop Dogg hanya memiliki 15.000 pengikut di Instagram dibandingkan dengan 87,5 juta pengikut yang mengikuti rapper manusia tersebut.

SHARE:

Faktor Ini yang Bikin Ponsel Lipat Semakin Bergairah di Indonesia

Masalah-masalah yang Kerap Mendera Smartphone Layar Lipat