Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

Latest News Technology

Mau Balik ke Bumi, Ini Curhatan Astronot Stasiun ISS yang Kangen Keluarga

byIqbal Marsyaf - editorDenny Mahardy Apr 16, 2022

Technologue.id, Jakarta - Setelah berbulan-bulan tinggal dan bekerja di luar angkasa, para astronot SpaceX Crew-3 NASA mendekati akhir misi mereka dan bersiap angkat koper pulang ke Bumi.

Astronot NASA Raja Chari, Tom Marshburn dan Kayla Barron serta astronot Badan Antariksa Eropa (ESA) Matthias Maurer diluncurkan ke luar angkasa dengan misi SpaceX Crew-3 pada 10 November. Sekarang, misi mereka di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) mendekati akhir, dan sekarang para astronot sedang bersiap untuk kembali ke Bumi.

Seperti yang dikatakan kru misi SpaceX Crew-3 saat konferensi pers yang diadakan Jumat (15 April), mereka memiliki misi yang luar biasa. Tetapi bersemangat untuk pulang ke rumah di Bumi.

"Merupakan kehormatan besar untuk tinggal dan bekerja di Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS," ungkap Marshburn, satu-satunya astronot veteran pada misi SpaceX Crew-3.

Baca juga:
Enam Bulan di Luar Angkasa, Astronot Shenzhou 13 China Hari Ini Pulang Kampung

Para kru akan kembali ke Bumi akhir bulan ini. Mereka akan pulang setelah misi kru SpaceX berikutnya ke Stasiun ISS, Crew-4, tiba. Kemudian para astronot menyerahkan stasiun tersebut kepada pendatang baru.

Dengan peluncuran Crew-4 yang ditunda hingga 23 April, tanggal pasti untuk kembalinya Crew-3 belum ditetapkan. Tapi itu akan segera dan para astronot bersemangat bertemu keluarganya kembali.

"Saya pikir kita semua sangat menantikan untuk melihat orang yang kita cintai, keluarga dan teman-teman kita di lapangan yang sangat berperan dalam mendukung kita sepanjang hidup kita dan membawa kita ke titik ini," papar Barron.

"Saya tidak sabar untuk melihat istri dan anak-anak saya," kata Marshburn. "Saya merinding hanya memikirkan momen untuk melihat mereka. Untuk melihat foto anak-anak saya, seberapa besar mereka tumbuh dalam enam bulan."

Marshburn juga menantikan mandi air panas. "Kurasa kami semua akan menyukainya," katanya bergurau.

Para kru berbagi detail menyenangkan dari perjalanan mereka melalui luar angkasa, termasuk kumis Chari, yang menurutnya tumbuh saat berada di luar angkasa sebagai bagian dari tradisi Angkatan Udara.

Para kru juga mengungkapkan beberapa pekerjaan yang telah mereka lakukan selama di atas kapal. Maurer menunjuk secara khusus dampak penelitian yang dilakukan di stasiun terhadap pemahaman kita tentang perubahan iklim, termasuk percobaan baru-baru ini yang bertujuan untuk mengurangi emisi karbon dioksida dalam proses produksi beton.

Selain Marshburn, kru terdiri dari sejumlah pemula yang melakukan kunjungan pertama mereka ke stasiun. Mereka mengatakan kepada Space.com saat konferensi pers yang sama, bahwa kru sangat ingin kembali ke luar angkasa.

"Saya benar-benar ingin kembali (kembali) ke Stasiun Luar Angkasa Internasional," kata Barron. "Saya pikir merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk menjadi bagian dari kendaraan teknik dan ilmiah yang luar biasa ini yang telah ada di sini selama lebih dari 20 tahun -warisan yang luar biasa untuk menjadi bagian darinya."

Dia menambahkan bahwa dia akan membawa pelajaran yang dipelajari kru di awal misi ini ke penerbangan masa depan. "Anda merasakan banyak tekanan, ketika pertama kali bangun di sini mencoba untuk mengikuti semua tugas," katanya. "Kami memiliki jadwal yang sangat sibuk, dan ketika Anda melakukan sesuatu untuk pertama kalinya, itu selalu memakan waktu lebih lama."

Dia mengatakan, hidup dalam gayaberat mikro membutuhkan banyak penyesuaian kecil. "Saya berharap lain kali kami sedikit lebih siap untuk beberapa tantangan itu," imbuhnya.

Chari mengatakan, karena pandemi COVID-19, para kru tidak dapat bertemu secara langsung dengan para ilmuwan yang meneliti para astronot di orbit.

"Ini adalah ilmu yang luar biasa yang bisa kami lakukan, tetapi akan lebih baik lagi jika Anda bertemu dengan orang yang Anda ajak bicara secara langsung," harap Chari. "Kami membuat penemuan yang mengubah hidup di sini atas nama para ilmuwan dan insinyur yang memikirkan hal-hal ini, tetapi kami hanya dapat mendengarnya melalui radio."

#Nasa #SpaceXCrewDragon #Astronot #StasiunIss #AstronotNASA #StasiunLuarAngkasaInternasionalIss #EksplorasiLuarAngkasa #AstronotEsa #SpacexCrew-3

Baca Juga