Dampak Banjir, Sejumlah BTS seluler Terganggu

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Jabodetabek sejak Rabu (1/1/2020) menyebabkan infrastruktur dan layanan telekomunikasi mengalami gangguan. Beberapa BTS seluler terganggu karena PLN melakukan pemutusan aliran listrik demi keamanan dan keselamatan masyarakat.

Hingga Rabu malam, layanan telekomunikasi ditopang oleh backup power berupa genset yang dikerahkan operator seluler agar masyarakat tetap dapat berkomunikasi. Namun upaya tersebut hanya mampu bertahan hingga Kamis pagi.

Baca Juga:
Hari ke-2, Hashtag #banjir2020 Jadi Trending Twitter Indonesia

Layanan telekomunikasi kembali terganggu karena back up power yang disediakan hanya mampu bertahan beberapa jam dan operator seluler mengalami kendala untuk mengakses lokasi-lokasi yang BTSnya down karena masih ada banjir di sejumlah titik.

Jhonny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) dalam siaran persnya yang diterima technologue.id mengatakan akan terus melakukan monitoring terhadap jaringan telekomunikasi dan meminta operator untuk terus berupaya melakukan pemulihan.

Baca Juga:
Tips Aman dari Sengatan Arus Listrik Selama Banjir

“BTS yang masih down dibackup dengan genset agar dapat berfungsi kembali secara normal meskipun PLN masih memutuskan jaringan listrik karena kondisi belum aman,” ujarnya.

Dilaporkan juga dalam siaran pers tersebut kondisi infrastruktur dan layanan terdampak banjir. Keseluruhan provider masih bisa melayani pelanggan di wilayah jabodetabek. Beberapa site down diakibatkan oleh tidak tersedianya supply power dikarenakan pemadaman dari PLN.

Baca Juga:
Pria Ini Mencak-mencak Soal Banjir Lewat Facebook

Dalam menangani masalah tersebut, para provider juga telah mengerahkan tim teknis untuk melakukan pemantauan dan terus berupaya menyediakan jaringan dengan menggunakan supply listrik dari genset.

- Advertisement -

Latest News

Facebook Temukan Cara Identifikasi Konten Deepfake

Technologue.id, Jakarta - Facebook sukses menemukan cara untuk mengidentifikasi deepfake. Ini dilakukan dengan menggunkan software artificial intelligence (AI). Dilansir...

Peneliti Temukan Malware Baik Hati

Technologue.id, Jakarta - Laporan terbaru dari BleepingComputer dan SophosLab menyebut ada malware unik ditemukan. Berbeda dari malware kebanyakan, malware...

Vivo V21 Siap Rilis di Indonesia, Unggulkan Kamera Selfie 44MP

Technologue.id, Jakarta - Vivo V21 segera melantai di Indonesia. Peluncuran produk terbaru V-Series tersebut akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang.

Viral Gajah Dipaksa Kerja Tarik Kayu, Netizen: Dzalim!

Technologue.id, Jakarta - Video gajah yang bekerja keras menarik potongan kayu viral di media sosial. Video tersebut diunggah dibanyak akun, salah satunya...

Nokia Ramai Dibahas Netizen Twitter

Technologue.id, Jakarta - Nokia mendadak ramai dibicarakan oleh para netizen Twitter . Hal ini lantaran tersebarnya meme berbunyi "Apa merk hp lo...

Related Stories