Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Dari Akun hingga Emoji, Inilah yang #RameDiTwitter Tahun 2020
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Rasanya tidak cukup untuk mendeskripsikan tahun ini hanya dengan satu atau dua kata, mengingat banyaknya peristiwa yang terjadi. Beradaptasi dengan kebiasaan baru, seperti: beraktivitas di rumah, menggunakan masker, dan pembatasan sosial merupakan perubahan yang paling terasa bagi semua orang di dunia. Dengan perubahan yang signifikan ini, orang-orang datang ke Twitter untuk tetap terhubung satu sama lain, mencari informasi terkini, berbagi inspirasi, berkontribusi, atau hanya sekedar berbagi canda dan tawa yang mungkin bisa membantu menghadapi tahun yang penuh tantangan ini.

Rasa syukur dan banyaknya dukungan kepada sesama juga terasa di Twitter tahun ini. Tweet yang mengekspresikan rasa syukur atau terima kasih meningkat sebanyak 20% secara global; seperti misalnya ucapan terima kasih kepada tenaga kesehatan (meningkat 135%), guru (meningkat 30%), dan pekerja garda terdepan COVID-19 lainnya.

Baik itu untuk terus mengikuti informasi terkini tentang berbagai peristiwa global, berpartisipasi dalam gerakan sosial, atau untuk berbagi inspirasi; tahun ini Twitter benar-benar menjadi tempat berkumpulnya masyarakat Indonesia untuk saling terhubung satu sama lain. Mendekati penghujung tahun, berikut ini adalah rangkuman dari apa dan siapa saja yang #RameDiTwitter tahun ini.

Tweet Terpopuler di Indonesia

Di tengah pandemi, Twitter menjadi tempat bagi banyak orang untuk berbagi, komentar sosial dengan kemasan yang lucu, hingga pesan dari artis K-Pop yang menyapa fansnya dalam bahasa Indonesia. Keberagaman topik di Twitter ini terus menjadi alasan mengapa Twitter adalah tempat di mana diskusi menarik terjadi secara real time. Berikut ini adalah Tweet dengan engagement tertinggi di Indonesia tahun ini.

Tweet Populer Lainnya yang Banyak Dibicarakan Warganet Indonesia

Dari Tweet mengenai informasi terkini mengenai COVID-19, kisah horor namun menghibur, curhatan publik figur, sampai konten edukatif; Twitter menjadi tempat berkumpul masyarakat Indonesia dalam berbagi dukungan, simpati, opini serius atau sekadar hiburan ringan.

Tagar yang paling banyak dibicarakan di Indonesia

Tidak mengherankan jika #COVID19 dan #dirumahaja masuk sebagai tagar yang banyak digunakan di Twitter tahun ini. Orang banyak berbagi tentang informasi kesehatan, mengajak untuk berdiam di rumah dulu dan membatasi mobilitas, sekaligus edukasi tentang #COVID19. Tagar #COVID19 (serta berbagai tagar terkait lainnya) sudah di-Tweet sebanyak 400 juta kali secara global. #gagalkanomnibuslaw (beserta beberapa tagar terkait lainnya) menjadi tagar yang paling banyak dibicarakan di Twitter dan dikenal sebagai gerakan sosial untuk membatalkan disahkannya Omnibus Law.

Akun yang paling banyak dibicarakan di Indonesia

Konsisten dibicarakan oleh warganet, Fiersa Besari (@fiersabesari), Andi Hiyat (@andihiyat), dan Raden Rauf (@radenrauf) kembali masuk ke dalam jajaran 10 akun yang banyak dibicarakan tahun ini. 10 akun yang #RameDiTwitter tahun ini juga kedatangan beberapa pendatang baru: Jerome Polin (@jeromepolin), Nadhifa Tsana (@ntsana_), dan Takdir Alisyahbana Ridwan (@jek___).

Ketiga akun tersebut memiliki daya tariknya tersendiri di mata warganet. @jeromepolin sering berbagi cerita tentang pengalaman serunya ketika menimba ilmu di Jepang. Penulis muda yang sudah menulis 10 buku, @ntsana_, atau kerap kali dikenal sebagai Rintik Sendu, banyak berbagi konten-konten sendu yang menggugah hati. Sedangkan @jek___, yang kerap dipanggil Jek atau Stad Jek, memulai sepak terjangnya di Twitter dan sekarang sudah mencetak karya best seller. Berawal dari tagar yang trending di Twitter, #BincangAkhlak, kini bukan hanya sekadar cuitan di sosial media, tetapi sudah menjadi sebuah buku dengan judul yang sama.

Tenaga kesehatan yang paling dibicarakan di Indonesia

Di tengah pandemi ini; jajaran dokter dan tenaga kesehatan menggunakan Twitter sebagai tempat untuk berbagi informasi kredibel, sekaligus meluruskan beragam informasi yang kurang tepat terkait COVID-19. Frasa terkait dengan tenaga kesehatan di-Tweet sebanyak 17 juta kali tahun ini.

Mulai dari Dr. Jiemi Ardian (@jiemiardian) dr. Gia Pratama (@GiaPratamaMD), dr. Andi Khomeini Takdir (@dr_koko28), dr. Shela Sundawa (@oxfara), dan dr. Ferdiriva Hamzah (@ferdiriva), mereka aktif menggunakan Twitter untuk membahas tentang berbagai macam isu kesehatan, hingga berbagi tips dan pesan-pesan positif untuk mendukung mereka yang memang membutuhkan bantuan.

Tagar hiburan yang paling banyak dibicarakan di Indonesia

Konten hiburan adalah hal yang paling hangat dibicarakan di Twitter, dari drama korea, game, sampai cerita horor! Tahun ini, percakapan hiburan di Twitter didominasi oleh drama Korea seperti: #itsokaytonotbeokay, #hospitalplaylist, #theworldofthemarried, dan #crashlandingonyou.

Dengan adanya pandemi, banyak orang yang kemudian mencari indoor entertainment untuk mengisi waktu selama di rumah, salah satunya adalah dengan gaming. Di Indonesia sendiri, percakapan tentang gaming di Twitter meningkat sebesar 55% year-on-year (April 2019 vs. Mei 2020). #animalcrossing menjadi salah satu game yang banyak dibicarakan di Twitter tahun ini. Para gamer menggunakan Twitter untuk saling terhubung dengan berbagi foto-foto pulau kreasi mereka, foto ketika mengunjungi pulau seorang teman, atau menghadiri berbagai acara yang diadakan oleh Animal Crossing! Mereka membawa keseruan tersebut ke Twitter sebagai salah satu cara untuk tetap terhubung dengan komunitas gaming yang ada.

Emoji yang paling banyak digunakan di Indonesia

Kehadiran emoji sangat membantu orang-orang untuk mengekspresikan tulisan mereka di Twitter. Emoji juga membantu mereka memahami konteks Tweet, sehingga mereka bisa menghindari salah paham yang mungkin terjadi karena penalaran yang berbeda. Tahun 2020 menjadi tahun yang membuat perasaan orang naik-turun layaknya roller coaster, dan ini dicerminkan dengan 10 emoji yang paling banyak digunakan di Twitter.

"Tahun 2020 menjadi tahun di mana kita menggunakan Twitter untuk melihat apa yang terjadi di dunia, sekaligus untuk menjalin komunikasi dengan sesama ketika kita dikondisikan untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Tahun ini juga menekankan peran penting Twitter sebagai tempat di mana masyarakat Indonesia berkumpul dan saling terhubung dengan berbagai komunitas yang relevan bagi mereka: mulai dari gaming, pecinta drama Korea, film, maupun olahraga. Di tengah ketidakpastian yang terjadi tahun ini, kami senang bahwa Twitter dapat menjadi sumber informasi yang tidak hanya memberikan berita terkini, tapi juga menjadi tempat bagi banyak orang untuk saling menguatkan dan berbagi inspirasi," kata Dwi Adriansah, Country Industry Head, Twitter Indonesia.

Gunakan tagar #RameDiTwitter atau #RameDiTwitter2020 untuk mencari dan berbagi cerita tentang apa yang menurutmu ramai dibicarakan di Twitter di Indonesia tahun ini.

SHARE:

Twitter Tidak Bisa Diakses, Coba Perbaiki dengan Cara-cara Ini

Twitter Sering Muncul Kode Isn't Responding, Begini Cara Menghilangkannya