Data Pengguna Cermati.com Dibobol

Technologue.id, Jakarta – Startup financial technology (fintech) Cermati.com masuk dalam daftar pencurian data yang dilakukan oleh seorang hacker profesional. Sebanyak 2,9 juta data pengguna Cermati.com dijual di forum peretas.

Data yang bocor berisikan informasi penting. Diantaranya email, password, nama, alamat, telepon, pendapatan, bank, nomor pajak, NIK, jenis kelamin, pekerjaan, perusahaan dan paling krusial nama ibu kandung.

Selain Cermati.com, peretas juga membobol data pengguna dari 16 perusahaan lainnya. Perusahaan yang menjadi korban berasal dari sejumlah negara antara lain Singapura, Inggris, Brazil, Amerika Serikat, India, hingga Italia. Total ada 34 juta catatan pengguna yang dicuri.

Tidak diketahui bagaimana peretas memperoleh akses ke berbagai situs penting tersebut.

Database yang dicuri biasanya dijual pertama kali dalam penjualan pribadi, seperti yang tercantum di atas, dengan kisaran sebelumnya mulai dari US$ 500, seperti yang terlihat dalam pelanggaran data Zoosk, hingga US$ 100.000 untuk database Wattpad.

Jika Anda pernah mendaftar di situs Cermati.com, disarankan untuk segera mengubah password. Dan jika password dan email yang sama digunakan di layanan lain, maka baiknya ikutan diubah demi keamanan.

Latest News

Daftar Game Ekslusif Xbox yang Bakal Rilis di 2021

Technologue.id, Jakarta - Tahun baru, yang berarti ada pertandingan baru di depan mata. Bagi yang suka game konsol, ada banyak game eksklusif...

Microsoft Akan ‘Hidupkan’ Kembali Orang yang Telah Meninggal

Technologue.id, Jakarta - Teknologi jika digunakan dengan baik bisa membantu dalam setiap sendi kehidupan masyara. Misalnya, perkembangan ponsel yang begitu cepat, membuat...

Render iPad Pro 2021 Beredar

Technologue.id, Jakarta - Bocoran terkait iPad Pro 2021 kembali mencuat. Kali ini bocoran datang dari pembocor kenamaan, David Kowalski.

Samsung Ikut Tren Tanpa Charger di Paket Pembelian Ponsel

Technologue.id, Jakarta - Menghilangkan charger dalam paket pembelian ponsel tengah menjadi tren belakangan ini. Setelah pertama kali dipelopori oleh Apple, Samsung pun...

Pentingnya Kualitas Telekonferensi bagi Bisnis di Masa Pandemi

Technologue.id, Jakarta - Di masa pandemi seperti sekarang ini, kualitas telekonferensi menjadi suatu hal yang mutlak dalam menjalankan suatu bisnis. Hal ini...

Related Stories