Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Data Pengguna Cermati.com Dibobol
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Startup financial technology (fintech) Cermati.com masuk dalam daftar pencurian data yang dilakukan oleh seorang hacker profesional. Sebanyak 2,9 juta data pengguna Cermati.com dijual di forum peretas.

Data yang bocor berisikan informasi penting. Diantaranya email, password, nama, alamat, telepon, pendapatan, bank, nomor pajak, NIK, jenis kelamin, pekerjaan, perusahaan dan paling krusial nama ibu kandung.

Selain Cermati.com, peretas juga membobol data pengguna dari 16 perusahaan lainnya. Perusahaan yang menjadi korban berasal dari sejumlah negara antara lain Singapura, Inggris, Brazil, Amerika Serikat, India, hingga Italia. Total ada 34 juta catatan pengguna yang dicuri.

Tidak diketahui bagaimana peretas memperoleh akses ke berbagai situs penting tersebut.

Database yang dicuri biasanya dijual pertama kali dalam penjualan pribadi, seperti yang tercantum di atas, dengan kisaran sebelumnya mulai dari US$ 500, seperti yang terlihat dalam pelanggaran data Zoosk, hingga US$ 100.000 untuk database Wattpad.

Jika Anda pernah mendaftar di situs Cermati.com, disarankan untuk segera mengubah password. Dan jika password dan email yang sama digunakan di layanan lain, maka baiknya ikutan diubah demi keamanan.

SHARE:

Ada Lowongan Sales di Apple Store, Ini Posisi yang Direkrut

XL Axiata: Periode Ramadan dan Lebaran Trafik Streaming Capai 60%