Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Deepfake Elon Musk Lakukan Penipuan Investasi Kripto
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Elon Musk, salah seorang terkaya di dunia, baru-baru ini menjadi korban video deepfake. Dirinya muncul dalam siaran YouTube Live yang berlangsung selama lima jam pada Senin (24/6), untuk melakukan penipuan mata uang kripto.

Dilansir dari Engadget, video tersebut memperlihatkan Musk yang sedang live streaming dari acara Tesla, seolah-olah menginstruksikan pemirsa untuk mengunjungi sebuah situs web palsu dan menyetor bitcoin Ethereum atau Dogecoin mereka untuk berpartisipasi dalam giveaway. Pesan yang menggunakan editan AI tersebut diputar secara berulang-ulang, menjanjikan bahwa sistem kemudian akan “secara otomatis mengirim kembali dua kali lipat jumlah cryptocurrency yang Anda setorkan.”

Baca Juga:
Diam-diam Elon Musk Punya Anak Baru Lahir dengan Bos Neuralink

Lebih dari 30.000 pemirsa pernah menonton streaming tersebut, sehingga menempatkannya di urutan teratas rekomendasi YouTube Live Now. Akun yang menyamar sebagai Tesla, @elon.teslastream, memiliki lencana verifikasi Official Artist Channel, jadi mungkin juga pelaku memanfaatkan peretasan akun. Baik video maupun salurannya kini telah dihapus.

Penipuan deepfake Elon Musk ini bukan pertama kali. Kasus ini telah meningkat selama beberapa bulan terakhir, dengan menggunakan akun yang menyamar sebagai salah satu perusahaan Musk.

Sebelumnya pada bulan Juni, Cointelegraph melaporkan penipuan serupa yang dilakukan oleh 35 akun yang berpura-pura menjadi SpaceX sekitar waktu peluncuran Starship. Penipu pada bulan April mencoba untuk ikut serta dalam hype gerhana menggunakan taktik yang sama, seperti yang dilaporkan Mashable pada saat itu. Dan ada banyak laporan tentang live streaming Musk palsu yang diposting di Reddit baru-baru ini.

Baca Juga:
Menkominfo Ancam Blokir Twitter, Elon Musk Masih Bungkam

Penipuan kripto yang menargetkan follower Musk di media sosial telah menjadi masalah selama bertahun-tahun, begitu pula yang melibatkan selebriti pada umumnya. Baru saja pekan lalu, 50 Cent terkena peretasan yang menggunakan akunnya untuk melakukan skema pump-and-dump.

SHARE:

Cegah Serangan Ransomware, Ini yang Perlu Diperhatikan Pemerintah

Berkali-kali Diserang Hacker, Apakah Pemerintah Akan Lebih Aware?