Technologue.id, Jakarta – Pengguna smartphone Huawei dan Honor tampaknya sangat syok setelah mengetahui gadget kesayangannya sebentar lagi tak bisa mendapatkan akses ke layanan Google. Namun mereka tidak menyerah begitu saja, dukungan untuk Huawei pun mewarnai jagat media sosial asal Tiongkok, Weibo.

Mengutip dari TheVerge (20/05/19), sejumlah hashtag yang mendukung Huawei di Weibo berhasil menjadi trending topic untuk beberapa hari belakangan ini.

Beberapa di antaranya adalah #华为芯片可以不依赖美国供应链# dan #华为自研操作系统鸿蒙#, yang berarti “Huawei Tidak Perlu Mengandalkan Amerika untuk Microchip-nya” dan “Sistem Operasi Sendiri Buatan Huawei, Hong Meng”.

Baca Juga:
Diputus Google, Produk Huawei Tak Dapat Update Android

Melalui hashtag tersebut, para pengguna di Tiongkok mencoba mendeklarasikan diri untuk mendukung penuh Huawei dengan cara terus menggunakan smartphonenya. Tak cuma sebatas itu, mereka juga menyatakan sikap bahwa akan tetap membeli smartphone Huawei maupun Honor jika ada perangkat yang baru dirilis.

Di Weibo, banyak netizen yang juga mengharapkan adanya kelanjutan dari pengembangan Huawei OS. Pasalnya, banyak memprediksi bahwa terjadinya perang dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat pada akhirnya akan membuat banyak produsen smartphone asal Tiongkok harus mengganti Android ke sistem operasi buatan sendiri, termasuk cip dan komponen lainnya.

Baca Juga:
Honor Juga Kena Cerai Google

Dukungan untuk Huawei juga ramai diserukan pada platform Douyin (Aplikasi TikTok regional Tiongkok). Setidaknya, ada ratusan orang yang membagikan video pendek buatan Huawei yang berisi tentang pengembangan teknologi 5G yang dibicarakan oleh salah satu eksekutifnya, Ren Zhengfei.

“Smartphoneku di masa depan sudah pasti adalah Huawei. Kami (masyarakat Tiongkok) akan lebih dan lebih percaya diri lagi untuk mendukung Huawei”, salah satu komentar yang dilontarkan melalui Douyin.