Technologue.id, Jakarta – Dompet digital Dana meluncurkan fitur donasi dan zakat, langsung dari dalam aplikasinya.

Melalui fitur ini, pengguna Dana dapat melakukan kewajiban berzakat dan berdonasi, termasuk membayar infak dan sedekah, secara digital kapanpun dan di manapun dengan mudah dan cepat, serta terjamin keamanan dan penyalurannya.

“Dengan peluncuran fitur donasi dan zakat ini, pengguna Dana bisa melakukan filantrofi dan zakat melalui online. Fitur ini sudah ada di dalam aplikasi Dana. Dengan digital, donasi dan zakat bisa dilakukan setiap saat, real time, dan tanpa menggunakan third party,” ujar Vincent Iswara, CEO Dana, saat peluncuran fitur ini di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Baca Juga:
Genjot Transaksi Selama Ramadan, DANA Gelar Program Bedug Berkah Meledug

- Advertisement -

Ada dua cara berdonasi dan berzakat melalui Dana, yaitu melalui fitur Zakat Fitrah & Donasi dan scan barcode dari standing banner yang dipajang di 73 titik tersebar di mesjid dan pusat perbelanjaan di tanah air.

Adapun pembayaran zakat melalui aplikasi, pengguna diharuskan mengisi nama lengkap dan nominal biaya yang akan disalurkan. Di dalam fitur ini, pihak Dana juga menampilkan Niat Berzakat yang harus diceklis sebelum beranjak ke proses selanjutnya.

Untuk menyalurkan dana, ada beberapa metode pembayaran yang disuguhkan seperti balance, kartu kredit, dan transfer.

Sementara bila menggunakan scan barcode, mereka hanya perlu melakukan pemindaian pada standing banner atau spanduk yang dipasang di titik-titik tertentu yang strategis seperti pusat perbelanjaan dan tempat beribadah.

Vincent Iswara, CEO Dana (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Dalam menjalankan kegiatan filantropi ini, Dana menggandeng Dompet Dhuafa agar penyaluran dana secara digital ini tepat sasaran. Kerjasama ini diharapkan makin menguatkan keyakinan dan kepercayaan masyarakat dalam menyalurkan zakat dan donasinya.

“Kami berharap, pengalaman berzakat dan berdonasi lewat solusi pada dompet digital Dana makin membuka pemahaman masyarakat akan efektivitas bertransaksi nontunai dan nonkartu secara digital,” tutur Vincent.

Baca Juga:
Kredivo Luncurkan Fitur Donasi Langsung dari Aplikasi

Khusus untuk penyaluran donasi, Dana dan Dompet Dhuafa menyediakan beberapa opsi yang dapat dipilih oleh masyarakat. Diantaranya adalah, donasi untuk 10 ribu bingkisan Lebaran, air untuk kehidupan, sekolah tapal batas, beasiswa untuk negeri, pembebasan gizi buruk, dan masih banyak lagi.

Ke depannya, opsi pembayaran donasi melalui Dana juga akan terintegrasi di dalam aplikasi mobile Dompet Dhuafa.