Dua Tahun Mitra Tokopedia, Bangkit Bareng Warung

Editor : Denny Mahardy

Technologue.id, Jakarta – Selama dua tahun, Tokopedia lewat ekosistem Mitra Tokopedia sudah mempermudah pengusaha tradisional seperti pemilik warung, toko kelontong, dan usaha sejenis lainnya dalam kembangkan usaha dengan teknologi.

Head of New Retail Tokopedia, Doni Nathaniel Pranama, dalam pertemuan virtual Hari Senin (2/11) mengatakan, “Kami telah membantu jutaan pegiat usaha tradisional melayani lebih dari 50 juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di Indonesia. Ini menjadikan aplikasi Mitra Tokopedia sebagai platform pengalaman berbelanja O2O dengan cakupan paling luas di Indonesia.” Kata Doni.

Head of New Retail Tokopedia, Doni Nathaniel Pranama

Banyak dampak positif yang dirasakan para pemilik warung, berdasarkan survei yang dilakukan terhadap ribuan Mitra Tokopedia pada Oktober 2020. Hampir 80% pemilik warung, toko kelontong, dan usaha sejenis lainnya yang bergabung jadi Mitra Tokopedia dapatkan keuntungan tambahan lebih dari dua kali lipat.

Selain itu, pengusaha tradisional bisa rasakan banyak kemudahan. Mulai dari harga produk lebih terjangkau, promo berkala, gratis ongkir, layanan same-day delivery, banyaknya pilihan metode pembayaran, hingga kehadiran sejumlah fitur, seperti Grosir, dan Penjualan Produk Digital.

Fitur Grosir kini tersedia di lebih dari 75 kota di Indonesia. Fitur ini bantu pemilik warung beli stok lebih mudah, cepat dan efisien. Data internal Tokopedia mencatat, hampir 100% Mitra Tokopedia menghemat biaya transportasi bahkan lebih dari Rp50.000 per minggu dengan manfaatkan fitur Grosir di aplikasi Mitra Tokopedia.

Pemilik usaha warung di Bogor, Mostakim, telah bergabung jadi mitra di Tokopedia sejak Februari 2020, mengatakan, “Biasanya harus tutup warung sekitar 3 jam untuk belanja ke pasar. Sejak jadi Mitra Tokopedia tidak perlu lagi karena belanja stok bisa dari hp. Barang langsung dikirim ke warung dengan cepat.” Kata Moestakim.

Mostakim, Pemilik Usaha Warung di Bogor

Pendapatan bulanan warung saya jadi meningkat hingga Rp5 juta karena Mitra Tokopedia. Selain jualan, saya bisa sekalian menabung untuk dapat poin lewat fitur Poin Hadiah. Saya bisa tukar poin yang didapat setiap transaksi dengan hadiah, seperti emas atau kesempatan menang paket Umrah.” Tambah Mostakim.

Ada juga Fitur Penjualan Produk Digital, seperti pulsa, paket data, voucher game, pembayaran tagihan listrik, air, BPJS, dan lainnya. Saat ini, Fitur Penjualan Produk Digital tersedia di lebih dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Bahkan kini masyarakat dipermudah untuk penuhi kewajiban pajak, seperti bayar PBB, lewat warung atau toko kelontong.

Produk digital yang paling laris di Mitra Tokopedia selama pandemi adalah pulsa, paket data, token listrik, PDAM, BPJS, dan voucher game.

Ibu rumah tangga asal Jakarta, Ine Febrina, yang bergabung jadi Mitra Tokopedia sejak Maret 2020, mengatakan, “Selama pandemi, transaksi di warung saya meningkat signifikan. Dengan memanfaatkan fitur Grosir, pendapatan saya bisa mencapai puluhan juta tiap bulannya. Mitra Tokopedia juga memfasilitasi saya untuk bisa menambah pemasukan dengan berjualan produk digital.” Kata Ine.

Ine Febrina, Ibu Rumah Tangga Asal Jakarta

Selain itu, melalui usaha warung, saya bisa membantu pengemudi ojek online yang sepi pelanggan. Para pelanggan yang tergerak untuk memberikan bantuan, mempercayakan saya untuk membagikan sembako bagi para pengemudi ojek online.” tambahnya.

Mitra Tokopedia akan terus majukan pegiat usaha tradisional terutama yang saat ini terdampak pandemi. Salah satunya lewat Gerakan Warung Nasional (GWN) yang sudah diadakan dua tahun berturut-turut.

Tahun ini, Tokopedia mengusung tema GWN #BangkitBarengWarung. Mengingat ekosistem warung merupakan bagian dari UMKM, menyokong lebih dari 60% perekonomian Indonesia.” tambah Doni.

Dengan #BangkitBarengWarung, Mitra Tokopedia hadirkan tiga pilar kegiatan, yaitu kenalkan aplikasi Mitra Tokopedia kepada masyarakat luas, terutama kepada yang kehilangan pekerjaan karena pandemi, untuk membuka usaha Payment Point Online Bank (PPOB) dan warung.

Kedua, hadirkan promo menarik di aplikasi untuk tingkatkan penghasilan. Dan terakhir, hadirkan banyak konten edukasi untuk lengkapi kebutuhan para pemilik warung maupun masyarakat yang kehilangan pekerjaan agar bisa berwirausaha dengan Mitra Tokopedia.

Latest News

Akhirnya, Redmi Bakal Bikin Handphone Gaming Pertamanya

Sebelumnya Redmi selalu dikaitkan dengan Xiaomi. Namun pada 2019 silam, Redmi pisah dari Xiaomi. Tak lama, Redmi merilis ponsel berkamera 48 megapiksel...

Amazon Siap Jadi Kurir Vaksin Covid-19

Pandemi virus corona masih menghantui banyak orang di dunia. Peneliti di berbagai negara pun terus melakukan riset untuk menemukan vaksin Covid-19. Dengan...

Sharp AQUOS Sense4, Ponsel Terjangkau dengan Kuliatas Premium

Sepanjang tahun 2020 lalu pasar Smartphone di Indonesia terlihat menggairahkan, terhitung sampai dengan bulan November 2020 kemarin penjualan smartphone mampu menyerap  angka...

Mulai Hari Ini, PlayStation 5 Dijual di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - PlayStation 5 resmi hadir di Indonesia. Konsol game Sony generasi teranyar ini sudah dapat dibeli mulai hari ini, Jumat...

Rilis Smartphone Harga Terjangkau, Sharp Yakin Bisa Bersaing di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Sharp dengan percaya diri hadir dengan Sharp AQUOS Sense4 untuk bersaing dengan pasar smartphone di Indonesia. Ponsel ini dilengkapi...

Related Stories