Technologue.id, Jakarta – Kevin Systrom bersama bersama Mike Krieger September lalu secara resmi meninggalkan perusahaan yang mereka bangun sejak Oktober 2010, Instagram. Saat itu, mereka mengatakan meninggalkan anak perusahaan Facebook Inc. itu karena ingin membangun hal-hal baru.

Namun tampaknya, alasan tersebut hanyalah penjelasan diplomatis saja. Dalam penampilan perdananya di hadapan publik pasca meninggalkan Instagram, Systrom memberikan petunjuk kalau memang ada yang tak beres di perusahaan tersebut.

Baca juga:

Bos Instagram Mengundurkan Diri

“Saat Anda meninggalkan segalanya, pastinya ada dorongan yang jelas,” kata eks CEO Instagram itu mengatakan di panggung konferensi Wired 25.

“Tidak ada orang yang meninggalkan pekerjaannya karena semuanya berjalan baik-baik saja bukan? Dunia profesional itu berat,” tambahnya, seperti dikutip dari TheVerge.com (15/10/2018).

Baca juga:

Perkenalkan Adam Mosseri, Sosok Bos Baru Instagram

Akan tetapi, Systrom bersama Krieger mengaku sudah legawa dengan keputusan itu. Systrom bahkan berani pamer kalau ia dan kompatriotnya bisa bertahan sampai enam tahun setelah menjual perusahaannya ke Mark Zuckerberg. Durasi itu ia anggap pengabdian terlama co-founder kepada induk perusahaan yang membawahi bisnisnya.

Baca juga:

Mark Zuckerberg Disalahkan atas Hengkangnya Bos Instagram

Misteri penyebab pengunduran diri co-founder Instagram masih misteri, kendati tak sedikit yang menyoroti Mark Zuckerberg sebagai pemicunya. CEO Facebook itu disebut memanfaatkan Instagram untuk keuntungan dan masa depan Facebook semata, sehingga mengganggu independensi Instagram.