Technologue.id, Jakarta – Berakhir sudah kebersamaan Kevin Systrom dan Mike Krieger dengan Instagram, platform berbagi foto dan video yang mereka lahirkan bersama. Pekan ini, secara mendadak mereka meninggalkan posisinya sebagai CEO dan CTO Instagram, juga dari Facebook Inc. selaku perusahaan induk Instagram.

Baca juga:

Bos Instagram Mengundurkan Diri

Seorang narasumber terpercaya yang dirahasiakan identitasnya menyebut kalau Systrom dan Krieger frustasi dengan tekanan dan ikut campurnya Mark Zuckerberg, CEO Facebook. Keduanya memang tak mengungkap alasan itu di pernyataan resminya, tetapi melansir Bloomberg.com (25/09/2018), Zuck disebut memanfaatkan Instagram untuk keuntungan dan masa depan Facebook semata, sehingga mengganggu independensi Instagram.

Padahal ketika sepakat diakuisisi 2012 silam, Instagram ingin brand serta produknya bebas dari intervensi sang induk. Walaupun dalam praktiknya, Instagram bergantung banyak, seperti infrastruktur sampai sumber daya engineer pada Facebook.

Baca juga:

Sepertiga User Facebook dan Instagram Tak Aktif Tahun Ini

Kerenggangan hubungan Mark Zuckerberg dengan co-founder Instagram ini juga terlihat dari tak adanya pernyataan resmi dari CEO Face itu. Zuck justru memberikan pernyataannya, berupa apresiasi terhadap Systrom dan Krieger, di kesempatan terpisah.

Dengan hengkangnya para founder itu, independensi Instagram kini di ujung tanduk. Bukan tidak mungkin akan ada perubahan di platform Instagram kelak yang membuatnya lebih terintegrasi dengan Facebook.

Baca juga:

Instagram Batal Hadirkan Fitur Penting Ini

Akankah kepergian Systrom dan Krieger menghambat pertumbuhan Instagram yang kini sudah menjaring lebih dari 1 miliar pengguna? Atau justru bakal makin melejit? Bagaimana prediksi Anda?