Technologue.id, Jakarta – Perkembangan eSports di Indonesia tengah menemukan momentumnya. Dapat dilihat makin banyaknya event dan kompetisi eSports yang digelar. Belum lagi antusiasme dari publik yang begitu tinggi.

Melihat perkembangan kancah eSports yang pesat di Indonesia beberapa tahun belakangan ini, roaster tim Louvre dari divisi Mobile Legends, Yosua “Kido” Priatama dan Steven “Marsha” Kurniawan mengatakan bahwa mereka mengharapkan dukungan penuh dari pemerintah.

“Misalnya, turnamen-turnamen atau kompetisi yang langsung diselenggarakan oleh pemerintah. Kalau sepakbola atau bola basket punya, maka eSports harusnya juga bisa diselenggarakan. Jangan mau kalah,” terang Kido.

Baca Juga:
Kampus di Semarang Ini Buka Jurusan eSports

- Advertisement -

Lebih jauh lagi, keduanya juga berharap pemerintah bisa memberikan dukungan untuk keikutsertaan tim dari Indonesia di ajang kompetisi eSports tingkat global maupun regional. “Kayak SEA Games nanti misalnya. Karena kita kan turut mewakili Indonesia,” tegas Marsha.

“Selain itu, dukungan pemerintah diharapkan dengan memberikan proses seleksi yang meilibatkan atlet eSport terbaik, training camp dengan fasilitas yang cukup, dan apresiasi terhadap atlet yang berprestasi,” tambah Kido.

Baca Juga:
Tim eSports Indonesia Siap Berlaga di Grand Final Lenovo LoC III 2019

Selain dukungan pemerintah, Kido dan Marsha juga mengharapkan dukungan berbagai pihak untuk mempercepat dan memperluas perkembangan eSports di tanah air. Salah satunya adalah keterlibatan Nimo TV sebagai platform live streaming khusus gim dan e-sports.

“Dulu kalau menang turnamen dapet hadiah Rp 20 juta buat satu tim rasanya sudah seneng banget. Sekarang dengan adanya platform live streaming khusus gim, eSports jadi semakin dikenal, banyak perusahaan mulai melirik eSports dan menjadi sponsor, serta semakin banyak penyelenggara event mulai sering bikin turnamen,”tutur Kido.

“Intinya, platform live streaming khusus gim sangat membantu orang umum meliat kalau eSports ini memang urusan serius dan dapat menjadi pekerjaan yang menghasilkan, karena hadiah yang disediakan juga semakin besar,” pungkas Kido.