Facebook Bangun Kabel Bawah Laut Terbesar di Dunia

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Kabel bawah laut sedang dibangun di Afrika untuk memberikan akses internet pada 1,3 miliar penduduk. Sejumlah perusahaan raksasa termasuk Facebook turut serta dalam proyek bernama ‘2Africa’ ini.

Dilansir dari Gizchina ada Sabtu (16/5/2020), Facebook mengklaim kabel bawah laut yang dibangun oleh Alcatel Submarine Networks tersebut memiliki panjang sekitar 37.000 kilometer. Ini hampir sama dengan jarak jika mengelilingi bumi.

Baca Juga:

Facebook Bakal Hadirkan Fitur Khusus Bagi Pencari Kerja


Perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu menyebut proyek ini merupakan proyek kabel bawah laut terbesar di dunia. Dimana kapasitasnya melebihi kapasitas total kabel bawah laut yang ada saat ini di Benua Hitam.

Dalam sebuah blog, Facebook mengatakan bahwa Afrika saat ini merupakan wilayah yang paling kekurangan jaringan internet di dunia dengan hanya seperempat dari populasi yang dapat menikmatinya. Proyek ini nantinya akan memberikan akses internet lebih banyak di Afrika.

Selain itu, kabel bawah laut ini juga akan menghubungkan 23 negara di Eropa, Timur Tengah dan Afrika, dan selanjutnya akan terhubung ke Asia melalui kabel bawah laut Eurasia yang sudah ada.

Baca Juga:

Facebook Hadir dengan Tampilan Baru


Proyek ini diharapkan rampung pada tahun 2023 atau 2024. Sayangnya, Facebook tidak membocorkan berapa biaya yang diinvestasikan dalam proyek raksasa ini.

Proyek kabel bawah laut sendiri saat ini bukan hanya digarap oleh Facebook dan mitra-mitranya. Google juga diketahui tengah membangun proyek serupa dengan nama ‘Equiano’. Google menyebut Mega proyek ini akan selesai pada 2021 mendatang.

- Advertisement -

Latest News

Laptop Gaming Razer Blade 14 Meluncur

Technologue.id, Jakarta - Razer kembali meluncurkan laptop gaming terbaru. Kali ini adalah Razer Blade 14 yang hadir dengan desain tipis.

Infinix Note 10 Pro NFC Rilis, Harga Rp 2 Jutaan

Technologue.id, Jakarta - Infinix Note 10 Pro NFC resmi meluncur di Indonesia, Selasa (16/6/2021). Smartphone ini hadir dengan performa yang lebih gahar...

realme GT 5G Melenggang di Eropa, Ini Spesifikasi-nya

Technologue.id, Jakarta - realme GT 5G resmi meluncur secara global. Sesuai dengan namanya, smartphone ini hadir membawa dukungan jaringan generasi terbaru, 5G.

Mi Band 6 Hadir Bawa Fitur Baru

Technologue.id, Jakarta - Xiaomi merilis smartband generasi terbaru yaitu Mi Band 6. Gelang pintar ini dibekali spesifikasi lebih baik dibanding pendahulunya Mi...

iPhone Jadul Segera Update ke iOS 12.5.4

Technologue.id, Jakarta - Apple merilis pembaruan keamanan iOS 12.5.4. Update sistem operasi ini ditujukan bagi pengguna iPhone dan iPad Air tipe lawas.

Related Stories