Facebook Gaming Meluncur di iOS, Namun ‘Kopong’

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Facebook akhirnya merilis aplikasi Facebook Gaming untuk perangkat iOS. Berbeda dengan versi Android, Facebook Gaming untuk iOS ini tidak disertai dengan game apa pun di dalamnya.

Hal ini berarti bahwa satu-satunya hal yang dapat dilakukan aplikasi ini adalah membiarkan pemain menonton streaming langsung game yang akan menghilangkan sebagian kegunaannya.

Baca Juga:
Tiga Cara Gamer Menghasilkan Uang dari Facebook Gaming

Melansir dari laman Ubergizmo (7/8/2020), dalam pernyataan yang dibuat oleh COO Facebook Sheryl Sandberg, “Sayangnya, kami harus menghapus fungsionalitas permainan sepenuhnya untuk mendapatkan persetujuan Apple atas aplikasi Facebook Gaming mandiri yang berarti pengguna iOS memiliki pengalaman yang lebih rendah daripada mereka yang menggunakan Android.”

Bagi mereka yang penasaran mengapa fitur permainan bukan bagian dari aplikasi iOS, itu karena Apple tidak mengizinkan aplikasi pihak ketiga untuk mendistribusikan game melalui platform terpisah.

Belum lama ini perusahaan menjelaskan bahwa dengan mengizinkan aplikasi untuk mengemas aplikasi lain. Secara efektif akan mencegah Apple untuk meninjau aplikasi tersebut dan demikian tidak memungkinkan mereka untuk memberikan pengalaman yang sama dengan pengguna iOS.

Tak ada penyebab pasti kenapa Apple membuat peraturan seperti itu, namun kemungkinan besar, mereka tak ingin aplikasi gaming buatannya, Apple Arcade tersaingi.

Baca Juga:
Facebook, Amazon, dan Disney Bakal Pungut Pajak Pengguna

Sejak Februari lalu, Facebook sudah berusaha untuk mengajukan permintaan ke pihak Apple agar Facebook Gaming bisa tersedia di App Store.

Untuk Facebook Gaming sendiri pun telah mendapat penolakan hingga lima kali, sebelum bisa rilis resmi di iOS. Namun dengan catatan seperti di atas, tidak semua fasilitas bisa diakses secara gamblang.

Nantinya layanan streaming game seperti Stadia atau Project XCloud akan mendapat perlakuan yang sama ketika menyambangi perangkat iOS.

- Advertisement -

Latest News

Facebook dan Instagram Dituding Hapus Konten Serangan Israel ke Palestina

Technologue.id, Jakarta - Raksasa media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dituding telah menyensor, serta menghapus postingan dan tagar terkait ketegangan baru-baru...

128 Juta iPhone Terinfeksi Malware

Technologue.id, Jakarta - Apple baru-baru ini mengungkapkan bahwa ada upaya penyerangan malware ke ratusan juta pengguna iOS. Sebanyak 128 juta pengguna iOS...

#SavePalestine Bergema Imbas Serangan Israel ke Masjid Al-Aqsa

Technologue.id, Jakarta - Warganet dari seluruh dunia mengecam serangan udara mematikan Israel di jalur Gaza dengan mencuitkan tagar #SavePalestine.

Resident Evil: Village Raup 100.000 Gamer dalam 2 Hari

Technologue.id, Jakarta - Resident Evil: Village berhasil memecahkan rekor baru di Steam. Game besutan Capcom tersebut telah meraih pemain aktif hingga lebih...

PlayStation 5 Masih Langka Hingga Tahun Depan

Technologue.id, Jakarta - PlayStation 5 akan tetap langka hingga tahun 2022. Hal ini disampaikan langsung oleh Chief Financial Officer (CFO) Sony, Hiroki...

Related Stories