Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Fiber Optik Jakarta-Singapura Putus, Koneksi Internet Memble
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Jaringan kabel fiber optik Jakarta-Singapura mengalami masalah. Kabel bawah laut yang membawa koneksi internet tersebut dilaporkan putus.

Akibatnya, pengguna internet di Indonesia kesulitan mengakses beberapa situs luar negeri.

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Jamalul Izza, mengatakan masalah ini dialami salah satu kabel laut internasional. Gangguan terjadi di segmen Ancol-Bangka dan saat ini jaringan sudah mulai pulih.

Baca Juga:
Di Tengah Pandemi, XL Axiata Lanjutkan Proyek Fiberisasi

"Sistem kabel yang terdampak adalah sistem Jakarta-Bangka-Bintan-Singapura (B2JS) milik PT Ketrosden Triasmitra," kata Jamal seperti dikutip DetikINET, Jumat (19/2/2021).

Ia tidak memberikan rincian sistem atau jaringan internet mana saja yang terkena dampak. Namun, Jamalul mengatakan masalah tersebut sudah terjadi sejak Jumat (19/2) pagi.

Kendati demikian, menurut Jamalul, sudah dilakukan pengalihan rute (reroute) ke jalur lain. Meski begitu, saat ini masih terjadi kelambatan akses internet.

Baca Juga:
Mengintip Persiapan MWC 2021 Barcelona Digelar Offline

"Saat ini memang sudah dilakukan reroute, tetapi, memang beberapa masih terjadi kelambatan akses. Kejadiannya sudah dari tadi pagi," lanjut Jamalul.

Sampai saat ini belum diketahui penyebab putusnya kabel internet tersebut. Dirinya juga masih belum mengetahui kapan jaringan ini akan pulih sepenuhnya.

SHARE:

Cegah Serangan Ransomware, Ini yang Perlu Diperhatikan Pemerintah

Berkali-kali Diserang Hacker, Apakah Pemerintah Akan Lebih Aware?