Fiber Optik Jakarta-Singapura Putus, Koneksi Internet Memble

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Jaringan kabel fiber optik Jakarta-Singapura mengalami masalah. Kabel bawah laut yang membawa koneksi internet tersebut dilaporkan putus.

Akibatnya, pengguna internet di Indonesia kesulitan mengakses beberapa situs luar negeri.

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Jamalul Izza, mengatakan masalah ini dialami salah satu kabel laut internasional. Gangguan terjadi di segmen Ancol-Bangka dan saat ini jaringan sudah mulai pulih.

Baca Juga:
Di Tengah Pandemi, XL Axiata Lanjutkan Proyek Fiberisasi

“Sistem kabel yang terdampak adalah sistem Jakarta-Bangka-Bintan-Singapura (B2JS) milik PT Ketrosden Triasmitra,” kata Jamal seperti dikutip DetikINET, Jumat (19/2/2021).

Ia tidak memberikan rincian sistem atau jaringan internet mana saja yang terkena dampak. Namun, Jamalul mengatakan masalah tersebut sudah terjadi sejak Jumat (19/2) pagi.

Kendati demikian, menurut Jamalul, sudah dilakukan pengalihan rute (reroute) ke jalur lain. Meski begitu, saat ini masih terjadi kelambatan akses internet.

Baca Juga:
Mengintip Persiapan MWC 2021 Barcelona Digelar Offline

“Saat ini memang sudah dilakukan reroute, tetapi, memang beberapa masih terjadi kelambatan akses. Kejadiannya sudah dari tadi pagi,” lanjut Jamalul.

Sampai saat ini belum diketahui penyebab putusnya kabel internet tersebut. Dirinya juga masih belum mengetahui kapan jaringan ini akan pulih sepenuhnya.

- Advertisement -

Latest News

Honor Kembali Gunakan Google Mobile Services

Technologue.id, Jakarta - Sejak memanasnya perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok pada tahun 2020 lalu membuat Huawei dan Honor tidak bisa...

Huawei Tak Jadi Rilis Mate 50 Tahun Ini?

Technologue.id, Jakarta - Umumnya, hampir setiap tahun Huawei meluncurkan dua produk flagshipnya yakni seri P dan seri Mate. Namun tahun ini, sepertinya...

Bukalapak Bakal IPO pada Agustus 2021

Technologue.id, Jakarta - Perusahaan e-commerce, Bukalapak akan melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) pada bulan Agustus mendatang.

Smartfren Uji Coba 5G di Frekuensi 26 GHz, Seberapa Kencang?

Technologue.id, Jakarta - Smartfren bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menguji jaringan 5G pada Kamis (17/6/2021) dengan menggunakan frekuensi 26 GHz...

Utamakan Uji Mutu, vivo Jamin Kualitas Smartphone

Technologue.id, Jakarta - Komitmen brand smartphone vivo dalam memenuhi permintaan pasar smartphone di negeri ini tidak pernah mengendur. Hal ini dibuktikan dengan...

Related Stories