Technologue.id, Jakarta – Vendor aksesori fitness Fitbit merilis perangkat wearable terbarunya di Indonesia. Generasi smartwatch Fitbit Versa 2 ini mendukung beberapa fitur baru yang belum ada di produk pendahulunya.

Secara desain, layar Fitbit Versa 2 lebih besar dibanding generasi pertama. Ia pun sudah mengusung layar AMOLED, yang bisa menampilkan mode Always-On.

“Layar Versa 2 kini 10 persen lebih besar ketimbang pendahulunya. Selain itu kami juga menerima feedback bahwa pengguna menginginkan Always-on display agar bisa melihat waktu setiap saat,” kata Louis Lye, Regional Director South East Asia Fitbit, di acara peluncuran Fitbit Versa 2 di Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Salah satu kemampuan yang ditonjolkan oleh jam tangan kebugaran ini adalah fitur suara alias voice assistant berkat integrasi asisten virtual Alexa. Ada mikrofon yang tertanam pada perangkat sehingga pengguna bisa mengontrol perangkat melalui suara, misalnya untuk mengatur alarm, mengecek cuaca, hingga mengirim pesan. Namun fitur ini hanya bisa diakses oleh smartphone Android dan memiliki akun Amazon Alexa.

Selain itu, Versa 2 juga bisa terhubung dengan layanan streaming musik Spotify. Sehingga pengguna bisa mengelola atau mencari musik favorit langsung dari pergelangan tangan.

“Waktu saya jogging sambil dengarkan Spotify, saya kenakan perangkat di lengan saya, dan sulit mau atur playlist. Tapi sekarang lebih mudah tinggal pakai perintah asisten suara di tangan,” jelas Lye.

Fitur-fitur lain yang bisa menemani aktivitas keseharian pengguna antara lain Sleep Score, Smart Wake, Sleep Mode, Estimated Oxygen Variation, Sleep Stages, dan Educational Insights. Seluruh fitur tersebut bertujuan membantu pengguna untuk menjalani hidup sehat terutama membuat tidur lebih berkualitas.

“Tidur yang baik akan mempengaruhi kesehatan seseorang. Sebesar 35 persen pengguna Fitbit dapat sedikitnya 7 jam tidur,” lanjutnya.

Untuk ketahanan baterai, Lye mengklaim bahwa aksesori ini bisa hidup sampai 5 hari dalam sekali pengisian baterai. Lebih tahan lama dibandingkan Versa sebelumnya.

Fitbit Versa 2 dibanderol dengan harga Rp 3,799,000 dan tersedia dalam pilihan warna hitam berbalut carbon case, warna petal berbalut copper rose aluminum case, serta warna stone berbalut mist grey case. Harga aksesorisnya sendiri berkisar antara Rp 529,000 sampai Rp 819,000.

Selain smartwatch, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat itu juga sekalian meluncurkan aplikasi kebugaran berlangganan Fitbit Premium dan timbangan badan Fitbit Aria Air.