Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Fitur dan Tampilan Windows 12 Terbongkar, Seperti Apa ya ?
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Sistem operasi (OS) Windows terbaru, Windows 12, dikabarkan akan rilis pada tahun depan. Dilansir Windows Central, Microsoft akan kembali ke irama siklus tiga tahunan. Jika dihitung sejak peluncuran resmi Windows 11 pada tahun 2021, maka diduga kuat Windows 12 akan hadir pada tahun 2024.

Microsoft telah membuka sedikit pintu informasi terkait fitur-fitur yang akan dipasang dalam Windows 12.

Seorang pembocor hardware Intel, @leaf_hobby menuturkan bahwa ia telah mengantungi sejumlah informasi terkait prosesor Meteor Lake-S yang diisukan akan digunakan untuk Windows 12. Selain itu, Intel dalam pengumuman internalnya menyampaikan CPU generasi berikutnya akan mendukung Windows 12.

Baca Juga:
8 Fitur Tersembunyi Windows 10 yang Tak Terduga dan Sangat Bermanfaat

Namun, tweet @leaf_hobby tersebut kini sudah dihapus.

Dilansir VideoCardz, prosesor terbaru Intel tersebut akan menyertakan 20 jalur PCIe Gen5 dengan 16 jalur untuk GPU dan 4 jalur untuk penyimpanan.

Lebih lanjut disebutkan bahwa chipset Z890 akan menghadirkan 4 jalur Gen4 tambahan dan mendukung WiFi 7. Ini mengartikan bahwa Intel akan mengembangkan chipset jaringan nirkabelnya sendiri.

Meskipun bocoran fitur Windows 12 sudah ramai tersebar, pihak Intel dan Microsoft menolak untuk mengomentari terkait kebocoran informasi tersebut. Meskipun begitu, telah tampak tanda-tanda bahwa Microsoft sedang mencari versi Windows yang dapat memainkan peran kecerdasan buatan atau AI.

Kepala Pemasaran Konsumen Microsoft, Yusuf Mehdi bersama timnya sedang mendiskusikan pembaruan Windows 11 yang mengintegrasikan Bing versi baru yang didukung AI ke dalam bilah tugas.

Baca Juga:
Update Windows 11: Defender Jauh Lebih Efektif Perangi Ransomware

Jika Microsoft benar-benar berencana memasukkan AI ke dalam Windows terbarunya, maka ia perlu bekerja sama dengan produsen hardware seperti Intel dan AMD untuk mengoptimalkan chip yang dapat menangai beban kerja AI. Maka tak heran jika Intel menyebut Windows 12 dalam pembahasan internalnya.

Selain itu, muncul spoiler desain tampilan Windows 12 nantinya.

rancangan tampilan Windows 12

Agaknya desain Windows 12 ini akan menyerupai tampilan pada MacOS. Terdapat taskbar di bagian atas desktop yang berisikan informasi tanggal, jam, baterai, WiFi, dan lain sebagainya. Deretan informasi ini yang sebelumnya berada di taskbar bawah pada Windows 11, kini diletakkan di kanan taskbar atas.

Bagian kiri taskbar ada informasi cuaca, tengah taskbar ada kolom search, dan bagian taskbar bawah terdapat ikon-ikon lain dalam desain terbaru Windows 12.

SHARE:

Apple Pakai ChatGPT-4o untuk Siri OpenAI Justru Diuntungkan, Kok Bisa?

Resmi Dijual di Indonesia, Chery Tiggo 5X Siap Jegal Toyota Raize dan Daihatsu Rocky