Technologue.id, Jakarta – Fitur Wi-Fi sejatinya sudah cukup lama ada pada sebuah smartphone. Meski begitu, masih ada celah untuk menyempurnakan fitur tersebut agak konektivitas jaringan nirkabel menjadi lebih optimal pada sebuah smartphone.

Baca Juga:
Tanggapi Aturan IMEI, Begini Sikap Vivo Indonesia

Mengutip dari GSMArena (18/07/19), Oppo dan Vivo baru saja memperkenalkan fitur dual Wi-Fi yang saat ini sudah disematkan pada smartphone flagship, seperti Oppo Reno 10x Zoom. Fitur tersebut sendiri memungkinkan smartphone agar bisa terkoneksi dengan dua jaringan nirkabel secara bersamaan.

Meski manfaatnya mungkin tidak bisa dirasakan secara langsung, terkoneksinya dua jaringan nirkabel secara bersamaan dapat membuat smartphone mendapatkan bandwidth dan stabilitas yang lebih baik. Alhasil, ketika salah satu dari konektivitas tersebut gagal, yang lainnya bisa menggantikannya dengan cepat.

Baca Juga:
Duel Ponsel Menengah Rasa Premium: Samsung Galaxy A80 vs Oppo Reno

Sebagai perkenalan, akun ColorOS pada media sosial asal Tiongkok, Weibo sempat memamerkan fitur dual Wi-Fi pada Oppo Reno 10x Zoom. Melalui video 40 detik tersebut, smartphone itu diuji coba untuk terkoneksi pada Wi-Fi berfrekuensi 2,4 GHz dan satu lagi pada frekuensi 5 GHz.

Dengan terkoneksi pada dua jaringan Wi-Fi yang berbeda frekuensi tersebut, kecepatan download bisa meningkat hingga 322 persen jika dibandingkan dengan konektivitas Wi-Fi pada umumnya. Sementara waktu memuat halaman website bisa meningkat sebanyak 44,5 persen.