Technologue.idInternete-CommerceFitur Voice Over di Tokopedia Permudah Difabel Akses Aplikasi

Fitur Voice Over di Tokopedia Permudah Difabel Akses Aplikasi

Technologue.id, Jakarta – Tokopedia menghadirkan fitur Voice Over di dalam aplikasinya. Fitur ini bisa memudahkan difabel, khususnya tunanetra, menggunakan aplikasi Tokopedia untuk memenuhi kebutuhan mereka mulai dari membeli barang hingga melakukan transaksi digital.

Ferico Samuel, Engineering Manager Tokopedia, mengatakan fitur Voice Over atau pembaca layar bisa dimanfaatkan oleh kaum difabel yang mengalami masalah pada penglihatan.

Baca Juga:
Kampanye “Tokopedia Bersama” Ajak Masyarakat Peduli Sesama

“Konten yang ada di layar akan dibacakan dari perangkat itu sendiri. Jadi tanpa melihat pun atau tutup mata, kita tetap bisa mengoperasikan aplikasi dan perangkat kita sendiri,” ujarnya, dalam konferensi pers virtual, Jumat (3/12/2021).

Tim engineering Tokopedia melakukan optimisasi untuk memudahkan pengguna difabel mengakses fitur ini. Misalnya dari tombol wishlist, tombol chat, hingga jumlah rating.

Proyek pengembangan fitur ini sendiri, dikatakan Ferico, memakan waktu hampir satu tahun. Fase pengujian atau iterasi dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan. Dalam ujicoba, tim peneliti tidak hanya menjajalnya untuk pemakaian sendiri namun juga menampung feedback dari rekan difabel.

Ferico menjelaskan bahwa kehadiran fitur itu tidak lepas dari kontribusi difabel yang sekaligus menjadi pengguna Tokopedia.

“Fitur Voice Over ini dikembangkan sesuai masukan rekan-rekan difabel yang menggunakan Tokopedia agar selalu relevan dengan kebutuhan mereka,” tutur Ferico.

Salah satu tunanetra pengguna Tokopedia, Maria Hardono, berkata, “Fitur Voice Over Tokopedia membantu saya dalam proses belanja daring. Saya bisa mendengarkan review produk dari pembeli lain, berbelanja dengan e-wallet dan mengikuti berbagai promo serta live shopping.”

Baca Juga:
Tokopedia Bagikan 5 Kiat Riset Guna Hadirkan UX Berkualitas

Tunanetra lain yang merupakan pengguna sekaligus pelaku usaha di Tokopedia, M. Reza Akbar, mengatakan, “Sejak saya menggunakan fitur Voice Over di Tokopedia, saya merasa menjadi lebih mandiri khususnya dalam memenuhi kebutuhan harian serta menjalankan bisnis secara lebih mudah dan juga nyaman.”

Saat ini, fitur Voice Over sudah bisa diakses melalui sistem iOS dan akan terus dikembangkan ke segala jenis sistem smartphone, termasuk Android.

Ke depannya Tokopedia akan terus meningkatkan kemampuan fitur Voice Over salah satunya mengenai cara mendeskripsikan konten gambar.

- Advertisement -