Home Headline Foto-foto KRI Nanggala 402 Ditemukan di Dasar Laut

Foto-foto KRI Nanggala 402 Ditemukan di Dasar Laut

Technologue.id, Jakarta – Lokasi KRI Nanggala-402 berhasil dilacak di perairan utara Bali. Panglima TNI Hadi Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, lokasi KRI Nanggala-402 telah terdeteksi oleh KRI Rigel.

Hadi menuturkan, kapal selam buatan Jerman itu ditemukan terpecah menjadi tiga bagian dan berada di dasar laut dengan kedalaman 838 meter.

Untuk melihat lebih detail, upaya pemindaian juga dibantu oleh kapal MV Swift Rescue dari Singapura. Dengan menggunakan robot bawah laut yang disebut Remotely operated underwater vehicle (ROV), MV Swift Rescue mengecek temuan KRI Rigel.

Baca Juga:
Postingan IG Komandan KRI Nanggala 402 Heri Oktavian Tuai Sorotan Netizen

“Pada 09.04 WITA ROV Singapura mendapat kontak visual pada posisi 07 derajat-48 menit-56 detik selatan dan 114 derajat-51 menit-20 detik timur,” kata Yudo dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Puspen TNI, Minggu (25/4).

“Yaitu tepatnya dari datum 1 tadi tempat tenggelamnya KRI Nanggala yang berjarak kurang lebih 1.500 yard di selatan, pada kedalaman 838 meter,” imbuhnya.

Berikut ini bagian-bagian dari KRI Nanggala yang dijepret oleh MV Swift Rescue dan disebar melalui media sosial.

Dalam rekaman video, foto memperlihatkan salah satu sirip yang dipasang di buritan kapal. Gambar-gambar lain mungkin menunjukkan bagian-bagian interior, tetapi tidak sepenuhnya jelas bagian apa dari kapal selam tersebut.

Baca Juga:
Viral KRI Nanggala-402 Hilang Saat Latihan Perang

Deretan foto itu pun menyebar di media sosial. Netizen membagikan postingan sambil mendoakan kepergian 53 awak kapal tersebut.