Technologue.id, Jakarta – Facebook disorot tajam lagi. Kali ini, karena sebuah bug di API Facebook yang mengekspos foto-foto dari 6,8 juta penggunanya ke pihak ketiga. Mirisnya lagi, foto-foto itu justru merupakan foto-foto yang belum atau gagal terunggah.

Baca juga:

Aksi Facebook Hajar Berita Hoax Jelang Pemilu 2019

Mengutip TechCrunch.com (14/12/2018), Facebook memang menyimpan foto-foto yang belum tuntas terunggah di platformnya, termasuk di bagian Stories, sampai tiga hari ke depan. Namun ternyata, celah ini memungkinkan 1.500 aplikasi third-party besutan 876 developer yang telah terintegrasi dengan Facebook dan mendapatkan izin untuk mengakses foto bisa mengaksesnya.

Baca juga:

- Advertisement -

Pencipta Internet Desak Google dan Facebook Hargai Privasi Netizen

“Kami sudah memperbaiki isu ini, tetapi karena bug ini, sejumlah aplikasi pihak ketiga kemugnkinan telah mendapatkan akses ke kumpulan foto yang cukup besar selama 12 hari, antara 13 sampai 25 September 2018,” begitu jelas pernyataan resmi Facebook.

“Bug ini juga melibatkan foto-foto yang hendak diunggah orang-orang ke Facebook, tetapi kemudian dibatalkan,” imbuh mereka (14/12/2018).

Baca juga:

Mark Zuckerberg Ogah Mundur dari Facebook

Dalam pernyataan resminya, Facebook turut meminta maaf kepada para penggunanya. Selain memberikan notifikasi bagi mereka yang berpotensi terdampak, dalam waktu dekat, mereka juga berjanji untuk menghapus foto-foto yang terekspos bekerja sama dengan para developer terkait. Seti