Gabut, YouTuber Shane Rakit Robot Pencukur Rambut

Technologue.id, Jakarta – Banyak bisnis berhenti sementara akibat pandemi COVID-19, termasuk tukang cukur atau salon rambut. Kondisi ini membuat masyarakat mencoba untuk memotong rambutnya sendiri di rumah.

YouTuber ‘Shane of Stuff Made Here’ bahkan memutuskan untuk membuat robot yang dapat memotong rambutnya sendiri.

Baca Juga:
Dikarantina Akibat Corona, Seorang Ayah Hadiri Pernikahan Anak Lewat Robot

Sebagaimana dilansir Ubergizmo (2/8/2020), Shane menunjukkan dalam videonya, bagian dari proses pemotongan mengharuskan robot melakukan pemisahan gumpalan rambut, yang biasa dilakukan penata rambut kebanyakan.

Itulah mengapa penata rambut kerap melakukan teknik menyisir untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan gumpalan rambut yang tepat agar hasil potongnya terlihat seimbang.

Namun, proses pembuatan robot ini diwarnai cukup banyak kendala. Antara lain lengan robot masih kaku saat memegang alat pencukur atau gunting sehingga proses pemotongan rambut belum berjalan seperti yang diharapkan.

Salah satu bagian paling rumit yang harus ia ajarkan pada robot, di mana ia akhirnya mengandalkan ruang hampa udara.

Baca Juga:
Pertama di Dunia, Pria Australia Jalani Transplantasi Ginjal Robotik

Shane juga membuat aplikasi di iPad-nya yang memungkinkannya untuk memilih gaya rambut yang dia inginkan. Robot itu bahkan ‘mengobrol’ dengannya, seperti yang biasa harapkan dari tukang cukur atau penata rambut.

Menurut Shane, ia yakin bahwa penata rambut robot memiliki banyak potensi. Ia menilai robot jenis ini memiliki kemampuan tidak terbatas, dan bahkan dapat melakukan pekerjaan rumit yang tak bisa dilakukan oleh pemotong rambut manusia.

“Bayangkan kalau robot ini secara matematis bisa bergerak dari satu sisi kepala Anda ke sisi lain. Atau bayangkan jika Saya menambahkan pemangkas pada robot ini dan memotong pola lithopane yang sempurna ke rambut Anda,” kata Shane.

Recent Articles

Kode Pemrograman Windows XP Bocor!

Technologue.id, Jakarta - Windows XP merupakan salah satu sistem operasi tersukses yang pernah dibuat oleh Microsoft. Meskipun sudah banyak ditinggalkan para penggunanya...

Among Us 2 Dibatalkan karena Versi Aslinya Terlalu Populer

Technologue.id, Jakarta - Biasanya, jika sebuah game tidak hit dalam beberapa minggu pertama, game itu mungkin tidak akan pernah sukses. Mungkin ada...

LinkedIn Bawa Fitur Stories

Technologue.id, Jakarta - Jejaring sosial profesional LinkedIn resmi menghadirkan fitur Stories baru-baru ini. Menjadikannya serupa dengan media sosial populer Instagram.

Viu Rilis Serial Viu Original Terbarunya, Star Stealer

Technologue.id, Jakarta - Viu baru saja mengumumkan rilis serial komedi Viu Original Star Stealer, karya pemenang Viu Pitching Forum (VPF) 2019. Seri...

Jepang Bikin Robot Gundam Raksasa yang Bisa Gerak!

Technologue.id, Jakarta - Pabrik Gundam di Jepang bikin robot Gundam raksasa yang bisa bergerak sendiri. Tinggi Gundam raksasa ini lebih dari 18...

Related Stories