Technologue.id, Jakarta – Tokopedia menggandeng Alibaba Cloud untuk menawarkan pengalaman berbelanja yang lebih cerdas dan personal bagi konsumen – dengan dukungan teknologi cloud dan AI.

Kerja sama ini juga mencakup peningkatan skala yang handal, menggunakan platform cloud, dan pengembangan teknologi canggih untuk memecahkan masalah rumit yang selama ini dihadapi para pengguna.

Kedua belah pihak bersama-sama mengembangkan teknologi AI eksklusif untuk mengoptimalkan hasil pencarian pada platform Tokopedia.

Dengan keahlian Alibaba di sektor e-commerce dan pengetahuan Tokopedia tentang preferensi konsumen, teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan akurasi pencarian di antara jutaan produk yang dijual di Tokopedia.

Dengan kerjasama dengan perusahaan yang menjadi tulang punggung data intelligence Alibaba Group ini, pengalaman menonton video di platform Tokopedia akan lebih stabil dan lancar.

Keseluruhan pengalaman berbelanja di Tokopedia akan terasa semakin baik dengan dukungan jaringan back-end yang aman dari Alibaba Cloud. Pengguna bisa merasakan waktu tunggu (loading) yang lebih singkat, dan respon website yang jauh lebih cepat.

Solusi yang diberikan oleh database Alibaba Cloud memungkinkan penjual untuk merancang produk dan layanan yang lebih personal, sehingga dapat memenuhi permintaan konsumen individual yang berbeda-beda.

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Alibaba Cloud untuk menawarkan pengalaman yang lebih cerdas bagi jutaan pengguna yang berbelanja di platform kami setiap harinya,” kata Herman Widjaja, Senior Vice President Tokopedia.

“Memanfaatkan solusi cloud dan teknologi canggih dari Alibaba, serta pengalaman Alibaba yang telah sukses di bidang ritel, kami percaya ada lebih banyak fungsi dan fitur canggih yang dapat dieksplorasi dan diaplikasikan ke Tokopedia – dalam rangka memberikan kepuasan terbaik bagi para pengguna.”

“Sebagai satu-satunya penyedia layanan cloud publik global di Indonesia, kami sangat menghargai pelanggan kami di Indonesia dan kami berharap untuk dapat tumbuh bersama dengan pelanggan kami melalui teknologi canggih dan keahlian domain kami,” kata Leon Chan, Country Manager Alibaba Cloud Indonesia.

Alibaba Cloud telah melayani 19 wilayah regional dengan 56 zona ketersediaan secara global.

Untuk memenuhi permintaan terhadap transformasi digital, sejak tahun lalu Alibaba Cloud telah memiliki dua pusat data di Indonesia, dan bekerja sama dengan mitra lokal untuk menawarkan solusi canggih di berbagai bidang industri.