Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Geger Pria Ganti Barcode QRIS "Palsu" di Mesjid
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Beredar rekaman video seorang pria mengganti barcode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) kotak amal.

Video tersebut direkam dari CCTV Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan pada Kamis, 6 April 2023 pukul 10.37 WIB. Video itu kemudian viral setelah diunggah akun Instagram @BangEdiii.

"Pada ngikutin soal ini ga? pelaku sebar di puluhan mesjid, kayaknya semua masjid yg ada QRIS nya wajib cek ini.. istiqlal aja kena.. KTP pelaku udah beredar kemana2, unggu info ditangkap polisi.” tulis caption pada postingan itu.

Baca Juga:
Viral Akun Peneliti Posting Prediksi Gempa Turki Sebelum Kejadian

Dari video pelaku memantau situasi sekitar, kemudian menempelkan stiker QRIS miliknya ke beberapa kotak amal di halaman masjid. Tindakan itu dilakukan untuk mengelabui jemaah masjid, sehingga pemberian amal masuk ke rekeningnya, bukan rekening masjid.

QRIS palsu yang ditempel bertuliskan “RESTORASI MASJID”. Sedangkan QRIS asli masjid bertuliskan “MASJID NURUL IMAN BLOK M SQUARE”.

Tidak hanya di satu mesjid saja, aksi serupa diduga juga dilakukan pria tersebut di Masjid Nurullah Kalibata City. Hal itu diketahui setelah DKM melakukan pengecekan CCTV pada hari yang sama.

Video tersebut viral ke berbagai platform media sosial. Di Twitter ada beberapa netizen yang mengunggah ulang video yang diduga rekaman orang yang sama. Bahkan ada yang sudah bisa mendapatkan identitas pelaku dengan cara melakukan scan QRIS palsu.

Baca Juga:
Viral Penonton Platinum Konser Blackpink Tidak Kebagian Kursi

Pelaku diduga bernama Mohamad Iman Mahlil. Pada laman media sosialnya tercantum profesinya adalah pendiri Tim Restorasi Masjid. Dari data uang diunggah di media sosial, pelaku seorang sarjana teknik.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada penjelasan bagaimana tindak lanjut pihak yang berwenang mengenai aksi pemalsuan QRIS kotak amal masjid ini.

Di Twitter sendiri, kata "QRIS" menduduki trending topic pada Senin (10/4) dengan lebih dari 58 ribu cuitan.

SHARE:

Apple Hadirkan Aplikasi Baru untuk Para Penggemar Olahraga

Teknologi Neuralink Berhasil Kontrol Mouse PC dengan Pikiran