Technologue.id, Jakarta – Apple memberikan penawaran menarik bagi konsumen sebagai bagian dari program tukar tambah (trade in). Dalam program ini, Apple mengiming-imingi cicilan senilai US$ 18,99 (atau sekitar Rp 260 ribu) per bulan untuk konsumen existing yang berniat menukar ponsel lamanya dengan iPhone XR.

Kesepakatan trade-in ini berlaku untuk pelanggan yang mengunjungi Apple Store secara langsung, artinya konsumen tidak dapat melakukannya secara online atau mengirim melalui pos, berdasarkan informasi yang dimuat 9to5mac.com (25/1/2019).

Padahal sebelumnya, pengguna iPhone lama dapat melakukan trade in melalui pos. Caranya cukup dengan melakukan request “trade in kit” dan mengirimkannya melalui pos.

Baca Juga:
iPhone XR Sukses Goda Pengguna Android Jadi Apple Fanboy

- Advertisement -

Adapun beberapa syarat yang diperlukan untuk proses trade in ini antara lain dapat dinyalakan dan di-charge, tidak terdapat retakan atau pecah pada layar, dan layarnya tentu harus berfungsi dengan baik. Apabila iPhone yang ingin ditukar tidak memenuhi syarat tersebut, pengguna dapat menggunakan layanan Apple Care+.

Sayangnya program ini hanya tersedia untuk wilayah Amerika Serikat saja. Belum ada informasi dari distributor resmi produk Apple di Indonesia yang menawarkan program trade in untuk smartphone iPhone XR.

Baca Juga:
5 Alasan Mengapa Lebih Baik Beli iPhone XR daripada iPhone XS

Keputusan Apple menawarkan program tukar tambah ini muncul di tengah spekulasi lemahnya performa penjualan trio iPhone baru. Namun vendor ponsel asal Cupertino, Amerika Serikat, tersebut sepertinya hanya mendorong pelanggan untuk membeli iPhone XR ketimbang iPhone XS atau XS Max. Mungkin karena alasan iPhone XS series yang dinilai terlalu mahal.

Apple memang telah secara agresif menggenjot penjualan iPhone XR. Sebuah laporan baru-baru ini mengklaim bahwa iPhone XR menyumbang 39 persen dari penjualan iPhone keseluruhan per Desember 2018.