email-subscribe search-bar

Copyright 2023 Technologue ID. All rights reserved.

News Latest News Headline Apps

Gmail Meluncurkan Tanda Centang Biru untuk Memverifikasi Identitas Pengirim

byErry Ike Setiawan - editorChoiru Rizkia May 4, 2023

Technologue.id, Jakarta - Gmail, layanan surel yang dimiliki Google, kini menampilkan tanda centang biru di samping nama pengirim untuk memverifikasi identitas pengirim.

Fitur baru ini diharapkan dapat membantu pengguna untuk memastikan bahwa surel yang mereka terima berasal dari sumber yang sah dan bukan scammer.

Tanda centang biru ini dibuat berdasarkan fitur Indikator Merek untuk Identifikasi Pesan atau "Brand Indicators for Message Identification" (BIMI) Gmail yang sudah ada sebelumnya.

Baca Juga:
Peningkatan Hasil Pencarian di Gmail Akan Memastikan Pengguna Mengirim Email ke Orang yang Tepat

Dalam rangka menggunakan fitur ini, perusahaan harus mengautentikasi logo merek yang mereka gunakan sebagai avatar surel mereka, sehingga pengguna dapat yakin bahwa logo tersebut benar-benar milik perusahaan tersebut.

Perusahaan yang sudah mengadopsi BIMI secara otomatis akan menerima tanda centang biru. Tanda centang biru tersebut menandakan bahwa pengirim surel telah memverifikasi bahwa mereka memiliki domain dan gambar profil yang digunakan untuk mengirim surel tersebut.

Google menekankan bahwa autentikasi surel dapat membantu pengguna dan sistem keamanan untuk "mengidentifikasi dan menghentikan spam", serta memungkinkan pengirim untuk "memanfaatkan kepercayaan merek mereka".

Dalam beberapa waktu terakhir, kekacauan verifikasi di Twitter telah menjadi berita utama. Namun, hampir semua platform seperti Tinder, Pinterest, YouTube, dan terbaru, Meta, memiliki beberapa versi ikon tersebut.

Baru-baru ini, Meta bahkan telah memulai uji penjualan verifikasi untuk akun Facebook dan Instagram. Dengan adanya tanda centang biru baru di Gmail, pengguna dapat dengan cepat mengidentifikasi pengirim yang sah, terutama jika mereka tidak tahu apa arti logo yang disetujui BIMI yang disertakan dalam surel atau apakah surel tersebut sah.

Baca Juga:
Tampilan Baru Gmail Sekarang Tersedia Untuk Semua Orang

Ini juga mengikuti perubahan Google lainnya, yaitu penggantian ikon gembok yang muncul di bilah alamat Chrome dengan ikon "penyetem", yang menunjukkan bahwa situs web menggunakan protokol HTTPS yang lebih aman.

Tanda centang biru ini telah diluncurkan oleh Gmail pada akun Workspace dan akun Google pribadi, sehingga pengguna dapat segera melihat tanda centang biru di sebelah nama pengirim pada surel mereka.

Semoga dengan adanya fitur baru ini, pengguna dapat lebih aman dan nyaman dalam menggunakan layanan surel Gmail.

#Google #Gmail #Verifikasi #CentangBiru

Baca Juga