Technologue.id, Jakarta – Amazon tak cuma besar di dunia maya. Pasalnya, e-commerce asal Amerika Serikat itu terpantau punya armada yang luar biasa. Dari laporan BusinessInsider (03/01/17), perusahaan pimpinan Jeff Bezos itu selama 2016 telah mempekerjakan 45 ribu robot di warehouse-nya.

Populasi robot di perusahaan itu ternyata terus bertambah dari tahun ke tahun, utamanya meningkat 50 persen dari setahun sebelumnya. Di 2015, Amazon ‘masih’ mempunyai 30 ribu robot yang bekerja bersama 230 ribu karyawan manusianya. Sedangkan di akhir 2014, diketahui kalau pasukan robot Amazon baru berjumlah 15 ribu.

Sayang, jumlah pegawai Amazon di 2016 belum bisa diketahui. Angka tersebut baru akan dirilis awal tahun ini.

Mengapa Amazon bisa punya armada robot yang begitu besar? Hal ini tak bisa dilepaskan dari kontribusi Kiva System, perusahaan robotika yang mereka akuisisi pada 2012 lalu. Mahar sebesar Rp 10,5 triliun yang waktu itu mereka gelontorkan kini menghasilkan robot-robot yang mampu membuat kinerja Amazon lebih efisien, terutama dalam proses packing.

Phil Hardin, Director of Investor Relations Amazin, waktu itu memang telah meyakini bahwa akuisisi Kiva akan mengubah banyak hal di perusahaannya. “[Kiva] telah menjadi inovasi hebat kami dan kami rasa ini membuat pekerjaan di gudang kami lebih baik dan produktif,” terangnya.

 

Baca juga:

Siap-siap, Robot-Robot LG Bakal Berparade di Awal 2017

Wow, Robot Gundam di Dunia Nyata Sudah Ada!

Robot untuk Keluarga dari Asus Siap Meluncur Januari 2017, Harganya?