Technologue.id, Jakarta – Google dikabarkan akan mulai membatasi iklan video di browser Chrome dan YouTubenya. Langkah ini diambil guna memberikan kenyamanan saat berselancar di dunia maya.

Dilansir dari Cnet (7/2/2020), Chrome akan memblokir semua iklan yang tayang di tengah video, itu berlaku untuk video dengan durasi hingga 8 menit. Sementara pada YouTube, tidak akan menampilkan iklan di awal video yang berdurasi lama.

Baca Juga:
Dear Jomblo, Ini Cara Move On dari Masa Lalu Ala Google

Selain itu, Chrome dan YouTube juga akan memblokir iklan dengan durasi lebih dari 31 menit jika iklan tersebut tidak disertai fitur skip di 5 detik pertama. Kebijakan ini akan mulai diberlakukan pada 5 Agustus 2020 mendatang.

Kebijakan ini dibuat berdasarkan panduan koalisi untuk iklan yang lebih baik. Dikatakan bahwa koalisi ini telah melakukan survei terhadap 45.000 orang di delapan negara yang berbeda.

Baca Juga:
Google Bongkar Pendapatan Tahunan YouTube di 2019

Sebenarnya kebijakan ini bukanlah yang pertama untuk Chrome. Dua tahun lalu Chrome mulai memblokir iklan yang terlalu banyak sehingga mengganggu kenyamanan pengguna. Iklan-iklan tersebut jelas mengganggu kenyamanan menonton video, memperlambat situs web, meningkatkan penggunaan data, mengkonsumsi baterai dan bahkan mengirimkan malware.

Upaya yang dilakukan Google untuk memberikan kenyamanan pengguna Chrome dan YouTube dari gangguan tayangan iklan yang berlebihan harus diacungi jempol. Pasalnya, Google sendiri bergantung pada pendapatan iklan untuk mendorong bisnisnya yang sangat besar.