Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Google Cloud Guyur Investasi Rp4,5 Triliun ke Startup AI
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Google Cloud dilaporkan telah melakukan investasi sebesar 300 juta dolar AS ke perusahaan start-up AI bernama Anthropic.

Investasi ini datang setelah Anthropic menerima dana lebih dari 500 juta dolar AS dari mantan CEO FTX, Sam Bankman-Fried, enam bulan sebelum FTX bangkrut. Informasi ini dikonfirmasi oleh Anthropic dan dirilis oleh Financial Times pada 4 Februari 2023.

Baca Juga:
Google Cloud Resmi Daftar PSE Kominfo

Anthropic mengumumkan bahwa mereka telah menerima modal dalam putaran penggalangan dana Seri B yang dipimpin oleh Sam Bankman-Fried, dan juga melibatkan beberapa investor terkenal. 

Deretan investor tersebut antara lain Caroline Ellison, Jim McClave, Nishad Singh, Jaan Tallinn, dan Center for Emerging Risk Research (CERR). Putaran penggalangan dana tersebut dilakukan pada April 2022, seperti dilaporkan oleh Crunchbase.

The New York Times melaporkan bahwa sekitar 530 juta dolar AS dari total 580 juta dolar AS yang terkumpul berasal dari Bankman-Fried dan mantan mitra bisnisnya. Namun, beberapa sumber memperkirakan angka tersebut bahkan lebih tinggi. 

Salah satu kreditor FTX percaya bahwa saham Bankman-Fried di perusahaan AI bisa mencapai 1,1 miliar dolar AS, meskipun angka tersebut tidak dapat dikonfirmasi. Komunitas Crypto Twitter juga berspekulasi apakah saham Bankman-Fried akan digunakan untuk melunasi hutang besar yang telah diakumulasikan oleh FTX. 

Baca Juga:
Alibaba Cloud Gagas Komunitas Apsara Developer Group

Bankman-Fried sendiri secara pribadi mengaku tidak bersalah atas delapan penipuan dan tuduhan berbasis konspirasi yang diajukan terhadapnya pada 11 Januari 2023. Saat ini, Bankman-Fried masih menjalani tahanan rumah di California hingga tanggal persidangannya, yang ditetapkan pada 2 Oktober 2023.

Anthropic akan menggunakan GPU Google Cloud dan klaster TPU untuk melatih, memperluas, dan mengimplementasikan kotak obrolan AI mereka, yang disebut "Claude". Google Cloud akan menerima sekitar 10% saham di Anthropic, seperti dilaporkan oleh Financial Times. 

Kemitraan ini akan membantu Anthropic dalam mengembangkan teknologi AI mereka dan memberikan nilai tambah bagi Google Cloud dalam meningkatkan layanannya. Investasi Google Cloud ke Anthropic merupakan tindakan yang positif dan menjanjikan bagi kedua belah pihak.

SHARE:

Tips Supaya Usaha Rental Mobil Tetap Aman Terlindungi

Mobil Rental Dibawa Kabur Penyewa, Bagini Tata Cara Klaim Asuransinya