Google Doodle Pajang McLuhan dan Karyanya, Siapa Dia?

Google Doodle hari ini menampilkan Marshall McLuhan (source: Google)

Technologue.id, Jakarta – Nama Marshall McLuhan mungkin tak setenar Bill Gates atau Mark Zuckerberg di daftar tokoh-tokoh hebat sepanjang sejarah teknologi, utamanya internet. Namun, ilmuwan komunikasi dan filsuf asal Kanada ini justru adalah pencetus konsep dan aplikasi dunia berjejaring itu sendiri 30 tahun sebelum teknologi itu dikomersialisasikan.

Pria bernama lengkap Herbert Marshall McLuhan tersebut pernah mengajukan konsep bagaimana teknologi komunikasi elektronik dapat “mengecilkan” planet seluas Bumi menjadi sebuah desa saja, saking mudahnya informasi tersedia kapan dan di mana saja. Konsep ini dikenal luas dengan desa global (global village) yang menggambarkan efek dari World Wide Web.

Analogi McLuhan tentang desa yang sangat besar ini sejak tahun 60-an sebenarnya telah dimasyarakatkan lewat karyanya berjudul ‘Understanding Media: Extension of A Man’. Akan tetapi karena teknologi “tercanggih” masa itu baru televisi dan radio yang mana jangkauannya juga masih terbatas, pemikiran McLuhan dianggap terlalu aneh dan radikal.

Dengan keadaan yang terjadi sekarang, lewat internet, media sosial, sampai munculnya media massa berbasis online atau digital, prediksinya itu cukup akurat menggambarkan era kekinian.
Hari ini, 21 Juli, adalah hari kelahirannya; Google turut merayakannya dengan menampilkan sketsa wajah berikut kontribusinya di domain ilmu komunikasi via Google Doodle.

Andaikata ia masih hidup sampai sekarang, McLuhan telah berusia 106 tahun. Sayang, ia tak berkesempatan menyaksikan kedahsyatan internet di era sekarang karena McLuhan meninggal dunia pada 31 Desember 1980 dalam usia 69 tahun.

 

Baca juga:

E-Commerce Booming, Toko Gadget Offline Tetap Dibuka

Ternyata, #WorldEmojiDay Atau Hari Emoji Sedunia Sarat “Konspirasi” Apple!

“Internet Obat Keterisoliran Kami dari Kemajuan”