Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Google Gemini AI Salah Bikin Gambar yang Dinilai Memalukan
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Selama beberapa hari terakhir, situs media sosial seperti Reddit dan X, platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter dibanjiri dengan gambar-gambar tidak biasa yang dihasilkan oleh Gemini AI Google. Elon Musk bahkan ikut mengomentari masalah chatbot AI generatif Google.

Letak kesalahan yang dinilai memalukan ialah ketidakakuratan sistem menghasilkan gambar seseorang yang seharusnya berkulit putih. Kesalahan tersebut misalnya menciptakan gambar seperti Viking berkulit gelap dan pemimpin awal Amerika sebagai penduduk asli Amerika atau kulit hitam.

Mantan insinyur Google Debarghya Das juga menyoroti beberapa kasus di mana Gemini terlihat gagal berulang kali dalam hal yang sama. Beberapa akun X yang menentang dorongan modern menggunakan kesalahan warna kulit oleh Gemini untuk mendorong narasi bahwa AI bersifat rasis terhadap orang kulit putih.

Baca Juga:
Apple Rilis Update Keamanan Tingkat Lanjut untuk iMessage

Posting-an lain menuduh Gemini langsung memblokir pembuatan gambar untuk permintaan yang menyebutkan orang kulit putih secara spesifik dan meminta pengguna untuk menulis permintaan yang lebih beragam.

Akun komunikasi resmi Google memposting di X bahwa perusahaan mengetahui bahwa Gemini "meleset dari sasaran" dengan penggambaran sejarah tertentu. Google mengonfirmasi bahwa mereka akan menghentikan sementara kemampuan pembuatan gambar Gemini hingga masalah tersebut teratasi.

“Kami akan segera merilis kembali versi perbaikannya,” kata perusahaan tersebut.

Google belum menjelaskan secara pasti bagaimana atau mengapa fungsi teks-ke-gambar Gemini mulai membuat kesalahan seperti itu. Kesalahan tersebut cukup menonjol, mengingat pekerjaan Google yang terdepan dalam industri di bidang AI.

Masalah tersebut diharapkan segera teratasi, mengingat Google ingin mendorong integrasi Gemini semaksimal mungkin, mulai dari ponsel hingga seluruh rangkaian alat produktivitas Google Workspace.

SHARE:

Pemilik iPhone Diminta Waspada, Ada Potensi Serangan Spyware

Kenalan dengan Artemis, Chip Kecerdasan Buatan Terbaru dari Meta