HomeHeadlineGoogle Kembangkan OS Bernama Pragati, Untuk Apa?

Google Kembangkan OS Bernama Pragati, Untuk Apa?

Technologue.id, Jakarta – Google sedang mengembangkan sistem operasi Android baru bernama Pragati OS. Dalam proyek Pragati OS ini, Google menggandeng operator seluler terbesar di India, Jio Platforms.

Dilansir dari situs berita lokal Newindianexpress (25/10/2021), kustomisasi Android ini dirancang untuk pasar India. Pragati OS disediakan khusus untuk JioPhone Next, yang diperkirakan akan tersedia di pasar pada perayaan Diwali di India, menurut video yang dirilis oleh Jio pada hari Senin (1/11).

Baca Juga:
Google Mulai Garap Chip Tensor Generasi Kedua?

Ponsel ini akan menggunakan alat penerjemah bahasa sebagai fitur khusus untuk memungkinkan komunikasi antara penutur bahasa daerah di India.

“Visi Jio untuk India selaras dengan visi Google. Pragati OS – dalam bahasa, Pragati berarti kemajuan – didukung oleh Android, adalah hasil dari upaya penuh semangat yang menyatukan para pemikir terbaik di Jio dan Google,” ujar Ram Papatla, general manager dan India engineering lead, Android Google, dalam video.

JioPhone Next akan memiliki fitur terjemahan yang mampu mengenali dalam 10 bahasa India.

Ponsel ini juga akan hadir dengan fungsi “Read Aloud”, yang akan membacakan konten dari aplikasi apa pun yang terbuka di layar.

“Saya sangat bangga dengan OS baru ini.Ini memiliki beberapa fitur baru paling keren yang diterjemahkan secara khusus sekarang. Saya dapat berbicara dalam satu bahasa, dan telepon akan menerjemahkannya ke bahasa lain,” tutur Binish Parangodath, product management JioPhone Next.

Baca Juga:
Bocoran Prosesor Google Tensor untuk Pixel 6, Pakai Core Jadul?

Dari segi dapur pacu, JioPhone Next akan memiliki prosesor Qualcomm (kemungkinannya Snapdragon 215), akan diproduksi di unit Neolync grup RIL di Tirupati dan Sriperumbudur.

Rumor mengatakan bahwa ponsel ini akan memiliki layar 720 x 1.440 piksel, RAM 2 GB, kamera 13 MP di bagian belakang dan 8 MP di bagian depan. Namun, Jio belum mengkonfirmasi spesifikasi ini.

“Jio Phone Next akan membantu bangsa kita menjadi lebih dan lebih Atmanirbhar,” kata Parangodath.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More