Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Google Kepergok Mata-matai Karyawan secara Ilegal
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Google dituding melanggar undang-undang ketenagakerjaan AS karena memata-matai karyawannya sendiri, sebelum memecat dua orang pekerja tersebut.

Melansir The Verge (2/12/2020), tindakan ilegal ini memancing protes dari karyawan, yang kemudian mengajukan keluhan kepada Dewan Hubungan Perburuhan Nasional (NLRB).

Keluhan itu menyebut bahwa dua karyawan, Laurence Berland dan Kathryn Spiers, dipecat oleh raksasa teknologi itu pada akhir 2019 sehubungan dengan aktivisme karyawan.

Baca Juga:
Terlalu Lama WFH, Karyawan Google Enggan Balik Kantor

Berland menentang keputusan Google untuk bekerja dengan Konsultan IRI, sebuah perusahaan yang dikenal karena upaya anti serikat pekerja, ketika dia dibebastugaskan untuk meninjau kalender karyawan lain. Sekarang, NLRB menemukan bahwa kebijakan Google terhadap karyawan yang melihat aplikasi kalender rekan kerja tertentu melanggar hukum.

Beberapa karyawan lain dipecat setelah melayangkan protes, tetapi NLRB menemukan bahwa hanya pemutusan hubungan kerja pada Berland dan Spires yang melanggar undang-undang ketenagakerjaan.

"Perekrutan IRI oleh Google adalah pernyataan yang jelas bahwa manajemen tidak akan lagi mentolerir pengorganisasian pekerja," kata Berland dalam sebuah pernyataan. "Manajemen dan kroni penghancur serikat mereka ingin mengirim pesan itu, dan NLRB sekarang mengirimkan pesan mereka sendiri: pengorganisasian pekerja dilindungi oleh hukum."

Sementara itu, Spires dipecat setelah dia membuat pop-up untuk karyawan Google yang mengunjungi situs web Konsultan IRI.

"Karyawan Google memiliki hak untuk berpartisipasi dalam aktivitas bersama yang dilindungi," bunyi pemberitahuan tersebut, menurut The Guardian.

Baca Juga:
Lindungi Karyawan, Apple Rancang Masker Khusus

Google menuduh Spires telah melanggar kebijakan keamanan. Pernyataan ini diklaim merusak reputasi Spires di komunitas teknologi. Sekarang, NLRB menemukan bahwa pernyataan itu turut melanggar hukum.

"Minggu ini NLRB mengeluarkan keluhan atas nama saya. Mereka menemukan bahwa saya diberhentikan secara ilegal karena mencoba membantu rekan-rekan saya," kata Spiers.

"Kolega dan orang asing percaya bahwa saya menyalahgunakan peran saya karena kebohongan yang diungkapkan oleh manajemen Google saat mereka membalas saya. NLRB dapat memerintahkan Google untuk memulihkan saya, tetapi tidak dapat membalikkan kerugian yang terjadi pada kredibilitas saya," ungkapnya.

SHARE:

Tren Belanja Online Masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2024

Startup Energi Terbarukan Xurya Lolos Sertifikasi B Corp