Google Messages Bakal Hapus Otomatis SMS OTP

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Google meluncurkan fitur baru bagi aplikasi Google Messages di pengguna Android. Fitur tersebut berfungsi untuk menghapus kode One-time-password (OTP) yang diterima secara otomatis.

Mengutip Gadgets NDTV (30/6/2021), hal ini dilakukan agar pesan mengenai kode OTP tak membuat penuh kotak masuk pengguna. Sebagai salah satu saluran untuk mengirimkan kode OTP sebagai verifikasi, kotak masuk SMS biasanya penuh oleh pesan serangkaian kode enam digit tersebut.

Baca Juga:
Tingkatkan Keamanan Layanan Gmail, Google Kembangkan Fitur Terbaru

Fitur ini akan menghapus pesan dalam kurun 24 jam setelah diterima. Artinya, pesan OTP tidak akan berada di kotak masuk SMS pengguna.

Selain kemampuan menghapus pesan OTP secara otomatis, Google juga akan merilis fitur menyortir pesan masuk dalam beberapa kategori.

Tampaknya, ini seperti kemampuan yang disematkan pada Gmail sejak lama. Google mengatakan menggunakan model machine learning untuk mengurutkan pesan ke dalam kategori seperti Personal, Transaction, OTP, dan Penawaran.

Baca Juga:
6 Fitur Baru Android yang Dipamerkan Google

Jika fitur kategori diaktifkan, pesan SMS di Google Message akan dikategorikan ke dalam beberapa bagian, berdasarkan penggunaannya. Misalnya, transaksi bank dan tagihan akan difilter ke tab transaksi, sedangkan percakapan dengan nomor yang disimpan akan dimasukkan ke tab pribadi.

Google mengatakan bahwa kategorisasi terjadi dengan aman di perangkat pengguna sehingga percakapan tetap ada di aplikasi dan akan tetap berfungsi saat keadaan offline.

Kedua fitur baru ini akan berjalan pada Android versi 8 ke atas.

Sebagai langkah awal, ini akan diluncurkan di India dalam beberapa minggu mendatang. Pengguna perlu memperbarui ke versi terbaru Google Message untuk melihat perubahan.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories