Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Google Podcasts Tutup 2 April, Sebaiknya Pengguna Lakukan Hal Ini
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Google akan menutup aplikasi Podcasts-nya pada tanggal 2 April. Sebelum tanggal itu, Google mengimbau pengguna aplikasi tersebut untuk memindahkan langganan mereka ke YouTube Music.

“Pengguna diminta melakukan pemindahan sebelum 2 April agar dapat terus mengikuti acara favorit ke depannya,” kata Google dikutip dari Tech Crunch (30/3/2024). Sebelumnya, raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu telah mengirimkan email pemberitahuan berisi opsi untuk mengekspor paket langganan mereka.

Baca Juga:
Mesin Pencari Google SGE Tampilkan Situs Malware Berbahaya

Bagi yang tidak melakukan pemindahan akan diberi waktu tambahan untuk bermigrasi, tetapi tidak dapat lagi menonton langsung dari aplikasi Podcast setelah tanggal itu.

Google pada September lalu, mengumumkan akan mengakhiri aplikasi Podcasts pada awal 2024 sebagai bagian dari rencana untuk mengonsolidasi layanan audio di bawah YouTube. Google mulai mengintegrasikan fitur-fitur terkait Podcast ke dalam aplikasi YouTube Music sedari tahun lalu, dan perusahaan tersebut kini melakukan transisi penuh ke fitur yang sama. Ini berarti pengguna kini dapat mengakses musik dan podcast dalam satu aplikasi di pasar seperti AS, yang akan segera diperluas ke pasar lainnya.

Aplikasi Google Podcasts sendiri telah diinstal lebih 500 juta kali di perangkat Android di seluruh dunia selama setengah dekade. Namun, menurut laporan Edison, 23 persen pengguna lebih memilih aplikasi YouTube Music untuk mendengarkan podcast, dan hanya 4 persen pengguna yang lebih memilih aplikasi Podcasts. Dengan transisi ini, Google juga berupaya menyederhanakan semua konsumsi konten musik ke dalam satu platform.

Baca Juga:
Apple Gandeng Google Dukung Fitur AI untuk iPhone Terbaru?

Google telah menambahkan lebih banyak fitur terkait podcast ke aplikasi YouTube Music, termasuk penambahan feed RSS. Selain itu, perusahaan juga akan mengizinkan pengguna mengunduh file OPML mereka, yang memungkinkan pengguna untuk memigrasikan langganan acara mereka ke aplikasi apa pun yang didukung selain YouTube Music.

Hingga saat ini, aplikasi Google Podcast masih tersedia di App Store dan Play Store.

SHARE:

XL Axiata: Periode Ramadan dan Lebaran Trafik Streaming Capai 60%

Ditusuk Pakai Paku, Baterai Blade Milik BYD Tidak Terbakar dan Meledak