Google Rombak Tampilan Notifikasi di Android 12

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Hingga saat ini, Google masih terus konsisten untuk memperbaharui sistem operasi Android setiap tahunnya. Dan untuk Android 12 yang kemungkinan bakal dirilis tahun 2021 ini, sudah ada sedikit bocoran fitur yang bakal disertakan.

Mengutip dari GSMArena (24/4/21), Google baru saja merilis Android 12 versi Developer Preview 3. Dari situ, terlihat bahwa ada perubahan pada menu notifikasi yang biasanya muncul ketika ada pesan, chat, ataupun email baru yang masuk ke smartphone.

Baca Juga:
Bocoran 12 Fitur Baru di Android 12

Pada Android versi 11, jika ada lebih dari 1 notifikasi dari sebuah aplikasi yang sama, jumlah notifikasi akan diletakkan pada pojok kanan bawah. Ini membuat pesan yang bisa dibaca melalui menu notifikasi akan terpotong sehingga pengguna harus membuka notifikasi secara penuh.

Perbandingan Menu Notifikasi Android 11 (kiri) dan Android 12 (kanan)(Sumber: GSMArena.com)
Perbandingan Menu Notifikasi Android 11 (kiri) dan Android 12 (kanan)(Sumber: GSMArena.com)


Baca Juga:
Bocoran Tampilan Android 12, Usung UI Baru

Sedangkan pada Android 12 Developer Preview 3, jumlah notifikasi yang diterima akan diletakkan pada pojok kanan atas, tepat di samping tanda panah bawah. Dengan begitu, pesan notifikasi bisa ditampilkan lebih penuh. Dan tak cuma itu, agar pengguna sadar ada lebih dari 1 notifikasi, Google memberikan sebuah highlight dengan warna yang terang.

Mengingat desain tersebut masih dalam versi Developer Preview, kemungkinan masih ada perubahan pada versi finalnya. Namun harusnya perubahan itu tidak begitu banyak mengingat beberapa bulan lagi Android 12 versi final akan dirilis.

- Advertisement -

Latest News

Trending di Twitter, Apa sih “WA GB”?

Technologue.id, Jakarta - Media sosial Twitter diramaikan dengan topik "WA GB". Hingga berita ini dimuat, Selasa (18/5/2021) topik tersebut sudah dicuitkan lebih...

Langganan Twitter, Bayar Rp42 Ribu per Bulan?

Technologue.id, Jakarta - Biaya langganan Twitter premium atau yang disebut Twitter Blue mulai terungkap. Peneliti aplikasi Jane Manchun Wong...

Susunan Petinggi GoTo, Perkawinan Gojek – Tokopedia

Technologue.id, Jakarta - Penggabungan usaha atau merger antara Gojek dengan Tokopedia melahirkan susunan manajemen perusahaan. Dalam perusahaan baru ini,...

Cara Migrasi Perpesanan WhatsApp ke Telegram

Technologue.id, Jakarta - Telegram telah meluncurkan fitur baru untuk membantu orang memindahkan riwayat obrolan mereka dari aplikasi lain termasuk WhatsApp.

Huawei P50 Jadi yang Terakhir untuk Leica?

Technologue.id, Jakarta - Desas desus berakhirnya kerja sama strategis yang dilakukan antara Huawei dan Leica sudah mulai berhembus sejak akhir tahun 2020...

Related Stories