Google Siapkan Android 12.1

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Google dilaporkan tengah mengembangkan pembaruan minor dari Android 12, yakni Android 12.1.

Dilansir dari 9to5Google (8/9/2021), proyek pengerjaan Android 12.1 ini diketahui ketika Google mengimbau para pengembang untuk memperbarui aplikasinya ke API level 31. API tersebut merupakan framework API yang diberikan oleh Android 12.

Untuk diketahui, Android 11 memiliki level API 30, sedangkan Android 10 memiliki level API 29.

Baca Juga: Android 12 Meluncur, Berikut Fitur-fiturnya

Sejak perilisan awal, setiap level API akan disertai nomor versi Android. Misalnya, level API 29 sesuai dengan Android 10. Nah, rumor kehadiran Android 12.1 ini terendus oleh XDA Developer yang menemukan bukti di dalam Android Open Source Project (AOSP) berupa API level 32 sesuai Android 12 “sc-va”, bukan sesuai dengan Android 13.

Sesuai urutan, API level 32 sesuai dengan versi Android selanjutnya, yakni Android 13, sebab API level Android 12 yang ada saat ini adalah level 31. Inilah yang menjadi indikasi kehadiran Android 12.1. Konon, kode “sc-va” adalah kode baru.

Dalam kode baru itu, Google mengubah level API, di mana Native Developement Kit (NDK) API akan tersedia pertama kali dari level 32 ke 33.

Sekadar informasi, NDK adalah seperangkat tools yang memungkinkan pengembang menyematkan komponen yang menggunakan kode asli di aplikasi Android. Namun indikasi itu masih bersifat dugaan.

Mungkin, Google memang akan merilis pembaruan sementara di tengah-tengah perilisan antara Android 12 dan Android 13 dengan perubahan nomor versi yang bisa dilihat pengguna, yakni dengan Android 12.1.

Baca Juga:
Daftar Smartphone Samsung Galaxy yang Kebagian Android 12

Bila isu ini benar, Android 12.1 kabarnya akan lebih dulu diluncurkan sebelum perilisan Android 13 tahun depan.

Android 12.1 disebut akan debut di Pixel 6 series yang kabarnya akan diperkenalkan tanggal 28 Oktober mendatang. Penamaan Android menggunakan “titik” sudah pernah dilakukan Google.

Sebelumnya, Google pernah merilis pembaruan Android Oreo 8.1 di tahun 2017 yang merupakan update minor dari Android Oreo 8.0.

Setelah itu, Google belum pernah lagi meluncurkan pembaruan minor dengan penamaan versi menggunakan titik.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories