Google Siapkan Aplikasi SMS Canggih, Begini Nasib Aplikasi Allo

Technologue.id, Jakarta – Walaupun terhitung sebagai pemain besar di industri teknologi global, faktanya Google tak andal di ekosistem permediasosialan. Dalam beberapa tahun terakhir, Google sudah mengeluarkan beragam produknya, dari Google Talk, Google Voice, Google Hangouts, hingga yang terakhir Allo dan Duo. Sayang, belum ada yang jadi primadona di banyak benak netizen.

Upaya termutakhir Google adalah menyiapkan Chat. Produk penyempurna aplikasi Messages untuk perangkat Android itu akan membuat pengalaman pengguna smartphone dalam berkirim SMS lebih menyenangkan. Singkatnya, SMS bakal dijadikan mirip aplikasi chatting, tapi tanpa end-to-end encryption.

Baca juga:

Luncurkan Chat, Google Rombak SMS Android

Lalu, bagaimana nasib aplikasi chatting terakhir Google, Allo? Platform yang di-launching dua tahun lalu itu, melansir AndroidCentral.com (19/04/2018), dihentikan pengembangannya sampai waktu yang tak ditentukan. Seluruh anggota tim Google Allo pun dipindah untuk meng-improve Android Messages alias aplikasi SMS default di OS mobile terpopuler sejagat itu.

Baca juga:

Google Segera Terapkan Desain Baru untuk Gmail

Ada kans, Chat bakal banyak mengadopsi fitur-fitur Allo. Pasalnya, Chat sendiri dijanjikan punya fitur kekinian, macam read receipt, berkirim sticker, sampai berbagi file gambar dan video. Syaratnya, pengirim dan penerima konten tersebut harus sama-sama memakai aplikasi Chat dan tersambung ke internet.

Baca juga:

Google Matikan Layanan Pemendek URL

Sekadar gambaran, Chat memakai teknologi standar baru bernama Rich Communication Services (RCS) yang perlu support dari para provider. RCS ini berbasis SMS, sehingga tidak punya kesamaan dengan WhatsApp, Telegram, atau Hangouts dan Allo. Chat juga terintegrasi langsung dengan nomor seluler Anda, sehingga tak membutuhkan sign-up atau manajemen akun tertentu.

Recent Articles

Terancam Digugat Rp 15 Triliun, Telkomsel: Silahkan Saja

Technologue.id, Jakarta - Kasus kebocoran data Denny Siregar membuat Telkomsel harus menelan pil pahit lantaran akan digugat senilai Rp 15 triliun rupiah.

PUBG Mobile Luncurkan Peta Livik untuk Pertempuran Gesit dan Epik

Technologue.id, Jakarta - PUBG Mobile bakal luncurkan peta baru yang dirancang khusus untuk pertandingan kecil dan cepat. Peta Livik membentang dua kilometer dan...

Data Pelanggan Bocor, Telkomsel Janji Berbenah

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel secara resmi menyatakan komitmennya dalam menjaga keamanan data pelanggan. Anak perusahaan Telkom Group tersebut mengaku akan berbenah agar...

Kisah Hidup Karakter Antonio dari Free Fire

Technologue.id, Jakarta - Free Fire adalah game mobile battle royale paling populer di dunia saat ini. Game ini memiliki sistem karakter yang...

TikTok Hapus 50 Juta Video Bermasalah di Paruh Kedua 2019

Technologue.id, Jakarta - Aplikasi media sosial TikTok mengatakan bahwa pihaknya telah menghapus lebih dari 49 juta video dari platformnya selama paruh kedua...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here