Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Google Umumkan Kunci Sandi Baru, Melindungi Akun Pengguna Dari Ancaman Cyber
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Google baru saja meluncurkan kunci sandi global untuk pengguna Akun Google. Kabar baik ini muncul setelah hampir satu tahun sejak Google, Apple, Microsoft, dan FIDO Alliance bekerja sama untuk membuat login tanpa kata sandi menjadi lebih mudah di seluruh perangkat, sistem operasi, dan browser.

Mekanisme autentikasi multifaktor dan pengelola kata sandi mungkin menawarkan keamanan yang lebih baik, tetapi mereka bukanlah solusi sempurna karena masih memiliki kekurangan.

Kode autentikasi yang dikirim melalui SMS dapat disadap dan pengguna harus menggunakan perangkat lunak manajemen kata sandi pihak ketiga tambahan, yang kadang-kadang menyulitkan.

Baca Juga:
Update Google Authenticator: Sinkronisasi Kode 2FA ke Akun Google, Tingkatkan Keamanan Pengguna

Dengan kunci sandi baru, otentikasi pengguna disinkronkan di semua perangkat mereka melalui cloud menggunakan pasangan kunci kriptografis.

Ini memungkinkan pengguna untuk masuk ke situs web dan aplikasi menggunakan biometrik atau PIN kunci layar yang sama yang mereka gunakan untuk membuka kunci perangkat mereka.

Hal ini membuat sulit bagi pelaku kejahatan siber untuk mengakses akun pengguna dari jarak jauh karena akses fisik ke perangkat pengguna diperlukan.

Perlu dicatat bahwa Google, Apple, dan Microsoft telah mendukung standar masuk tanpa kata sandi FIDO, tetapi pengguna harus masuk ke setiap situs web atau aplikasi dengan setiap perangkat sebelum dapat menggunakannya.

Namun, sebagai hasil dari aliansi tersebut, ketiganya telah menerapkan standar tersebut di seluruh sistem mereka masing-masing, termasuk browser (misalnya Edge, Safari, dan Chrome) dan sistem operasi (Android, MacOS, dan Windows).

Ini berarti seseorang yang ingin mengakses Akun Google mereka di laptop Windows dapat menggunakan kunci sandi dari iPhone mereka.

Baca Juga:
Google Rilis Hasil Tes Privacy Sandbox : Alat Pengiklan Baru Pengganti Cookies Di Chrome

Dalam setahun terakhir, dukungan untuk kunci sandi telah diluncurkan oleh tiga perusahaan, termasuk Apple, PayPal, Shopify, Kayak, dan DocuSign. Sekarang, pengguna Akun Google juga dapat menggunakan kunci sandi untuk melindungi akun mereka.

Proses aktivasi kunci sandi sangat mudah. Pengguna dapat masuk ke Akun Google mereka dan mengaktifkan kunci sandi. Namun, pengguna masih dapat menggunakan kata sandi dan alat autentikasi multifaktor lainnya.

Namun, tampaknya kunci sandi saat ini hanya dapat digunakan pada akun pribadi dan bukan akun Workspace. Google mengatakan bahwa administrator Workspace akan memiliki opsi untuk mengaktifkan kunci sandi untuk pengguna mereka dalam waktu dekat.

Dengan peluncuran kunci sandi baru ini, Google memperkuat perlindungan akun pengguna dari ancaman cyber. Dalam dunia digital yang semakin kompleks, keamanan akun online adalah hal yang sangat penting. Dengan kunci sandi, Google memberikan alternatif yang lebih aman untuk pengguna untuk melindungi akun mereka.

SHARE:

Misi Odysseus Dihentikan Setelah 7 Hari Mendarat di Bulan

Mobil Balap Toyota All New Agya GR Sport Raih Podium Pertama di ISSOM 2024