Technologue.id, Jakarta – Google belum lama ini mengumumkan rencana untuk mengakuisisi Fitbit, vendor aksesori perangkat Wearable. Kesepakatan yang bernilai sekitar US$ 2,1 miliar atau lebih dari Rp29 triliun ini adalah salah satu akuisisi terbesar Google dan diharapkan akan selesai pada tahun 2020.

“Dengan sumber daya yang dimiliki Google dan platform global, Fitbit dapat mempercepat inovasi perangkat Wearable, bahkan akan lebih mudah diakses oleh semua orang,” kata James Park, Pendiri dan CEO Fitbit.

Sementara itu, pasar bereaksi positif terhadap kesepakatan ini, ditandai dengan lonjakan sesaat harga saham untuk perusahaan induk Google, Alphabet. Meskipun Google sendiri membuat smartwatch, Google dinilai belum memberikan kemajuan dalam membuat perangkat Wearable ini. Kerja sama ini diharapkan memberi kemajuan dan juga menambah opsi lain kepada pasar dalam memilih produk.

Di sisi lain, Apple Watch, selaku kompetitor yang multlak menguasai pasar di industri Smartwatch, menurut data dari Srategy Analytics, 46,4 persen smartwatch dikuasai Apple Watch. Sementara Fitbit hanya 9,8 persen saja.

Namun jika Fitbit dan Google mampu bekerja sama dengan baik dan melakukan pembenahan pada banyak sektor, Fitbit bisa jadi kompetitor besar dari Apple. Fitbit sendiri memiliki keunggulan yaitu ketahanan baterai dan harga yang jauh lebih terjangkau dari Apple Watch.